Amuntai — Ribuan kaum muslimin dan muslimat memadati Majelis Ta’lim Guru Lok Bangkai untuk menghadiri haulan  KH Ahmad Ridwan yang ke 15, Rabu Malam (19/6).
Ulama kharismatik yang dikenal dengan panggilan Guru Lok Bangkai ini memang mempunyai ribuan jamaah yang selalu menghadiri setiap kali beliau menggelar pengajian.
Ulama besar asal Balikpapan Prof Dr H Syarwani Zuhri pada saat membacakan manakib KH Ahmad Ridwan mengatakan bahwa  Guru Lok Bangkai adalah sosok  yang telah diberikan oleh Allah SWT ilmu agama yang luas dan ketagwaan. “Semasa hidupnya beliau sangat gigih dalam menjalankan dakwah al amru bil ma’ruf wan nahyu anil munkar,” ujarnya.            
Ia mengatakan kepada jama’ah yang hadir, siapa saja  yang datang ke dunia dengan selalu membawa kebenaran dan mengamalkan  (al Qur’an dan as sunnah) maka mereka itu adalah orang yang bertakwa. Beliau menambahkan, sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu adalah orang yang paling bertakwa, bukan orang kaya atau banyak nasabnya, juga tanpa melihat suku atau bangsa.
Sementara itu Habib Alwi yang berkesempatan untuk memberikan ceramahnya menguraikan hikmah dari haul ini yakni untuk mengenang perjuangan KH Akhmad Ridwan lalu diambil ibrohnya dengan  mengikuti langkah-langkah kebaikan yang beliau lakukan.
Ia mengatakan perjuangan, ibadah, kesholihan dan  ketaqwaan Guru Lok Bangkai ini patut diteladani oleh kaum muslimin.
Habib Alwi juga berpesan agar kaum muslimin terus menghidupkan semangat berdakwah amar ma’ruf dan mencegah kemungkaran karena berdakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim.
Haulan yang di awali dengan pembacaan tahlil ini dihadiri oleh Bupati HSU H Abdul Wahid HK didampingi Wakil Bupati H Husairi Abdi, para alim ulama, serta para habib yang berada di wilayah HSU. (Metro7/Ayie)