BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Sosial PP KB dan PPPA menyerahkan santunan bagi masyarakat terdampak Covid-19 se HST.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati HST, H A Chairansyah, di Auditorium Kantor Bupati HST, Selasa (24/11).

Kepala Dinas Sosial PP KB dan PPPA, H Muhammad Yusuf menyebutkan maksud dan tujuan diberikannya santunan ini, untuk meringankan beban serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi.

“Minimal, bisa membantu warga setelah selesai menjalani karantina atau yang meninggal dunia dengan pemakaman prokes,” katanya.

Bantuan diberikan kepada warga masyarakat yang terkonfirmasi positif dan telah selesai menjalani isolasi.

“Jumlah warga yang di karantina ini menerima terhitung dari data yang diterima Dinas Kesehatan HST, yakni tanggal 26 Oktober 2020 ada sebanyak 654 orang,” jelasnya.

Sedangkan, lanjutnya, warga masyarakat yang telah meninggal dunia dengan pemakaman prokes berdasarkan pemeriksaan PCR reaktif tetapi hasil swab negativ, dari Dinas Kesehatan HST terhitung 26 Oktober 2020 sebanyak 8 orang.

Acara dirangkai dengan penyerahan secara simbolis kepada empat orang warga yang berhak menerima.

Bupati HST, H A Chairansyah berterima kasih kepada semua elemen yang telah bahu membahu bersama-sama berjuang melawan pandemi ini.

“Kepada seluruh masyarakat HST yang telah berjuang dan bersabar menghadapi cobaan pandemi, serta tidak pernah bosan dalam menerapkan prokes dimanapun dan kapan pun, terima kasih,” ucapnya.

Chairansyah menuturkan, bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dari pemerintah daerah untuk membantu meringankan beban serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi.

Dia juga sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial PPKB & PPPA, serta kepada pihak-pihak yang terkait yang telah mengakomodir dan memfasilitasi penyaluran bantuan ini .

“Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk membantu perekonomian keluarga dan jangan pernah lengah dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.

Turut berhadir, Ketua Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HST, pimpinan Bank Kalsel cabang Barabai, Para Stap Ahli Bupati, Para Camat dan undangan lainnya. *