BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah hadiri dan serahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) ke warga terdampak Covid-19 di Aula Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Jum’at (29/5).

Bupati HST H A Chairansyah didampingi Camat Batara Riswandi, Kepala Dinas PMD H Fahmi, Kepala kantor Bank Kal-Sel Cabang Barabai H Abdillah, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Batara, Pembakal Se Kecamatan Batara, dan undangan lainnya.

Camat Batara Riswandi melaporkan, jumlah penerima BLT DD di daerahnya sebanyak 1.434 KK dari 14 desa yang ada di Kecamatan Batara, dengan jumlah keseluruhan 3.871.800.000.

Riswandi berharap, penyaluran BLT DD ini bisa secepatnya dilakukan dan bisa menyentuh semua masyarakat yang terdampak.

“Agar mereka bisa gunakan dengan sebaik-baiknya untuk kelangsungan hidup,” harap Riswandi.

Bupati HST H A Chairansyah mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa kita menghadapi cobaan berat dengan adanya pandemi Covid-19, ini berpengaruh terhadap perekonomian dan pendapatan masyarakat di kabupaten HST, khususnya para masyarakat pra sejahtera.

“Sasaran dari Bantuan Langsung Tunai ini adalah masyarakat pra sejahtera terdampak Covid-19 yang belum pernah menerima Bantuan Pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan sejenisnya,” kata Chairansyah.

Chairansyah mengharapkan, semoga dengan dana BLT ini dapat sedikit meringankan beban hidup masyarakat.

“Saya berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan serta dipergunakan sebaik-baiknya,” harapnya.

Dia ucapkan permohonan maaf kepada masyarakat HST atas keterlambatan pencairan BLT tersebut, sebab proses administrasinya tidak mudah.

“BLT DD ini akan dibagikan dan harus tepat sasaran, terima kasih juga saya ucapkan kepada Pembakal beserta aparat, Camat dan Pimpinan Bank Kalsel cabang Barabai beserta jajarannya yang banyak membantu hingga suksesnya penyerahan BLT ini,” tambahnya.

Masyarakat Desa Ilung Pasar Lama H Mahli ucapkan terim kasih kepada Pemerintah Daerah HST terkait penyaluran dana ini untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Alhamdulillah, untuk kami wilayah Kabupaten HST terkhusus Kecamatan Batara sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terkait atas penyaluran dana ini, semoga pandemi cepat hilang dari bumi tercinta, khususnya Bumi Murakata,” tutup H Mahli yang menerima bantuan secara simbolis dari Bupati HST. (metro7/sin)