BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah membagikan langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Aula Kantor Camat Barabai, Rabu (24/5).

Ada 4 desa yang menerima bantuan tersebut, yakni Desa Ayuang, Banua Binjai, Benawa Tengah, dan Bakapas.

Bupati HST H A Chairansyah didampingi Camat Barabai H Zainuddin, Kepala Dinas PMD H Fahmi, dan Kepala kantor Bank Kal- Sel Cabang Barabai H Abdillah, menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai kepada salah satu perwakilan masyarakat Kecamatan Barabai.

Bupati HST H A Chairansyah mengatakan, pembagian BLT bersumber Dana Desa ini harus tepat sasaran.

“Kalau sudah ada warga yang terima BLT maka mereka tidak berhak menerima Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementrian Sosial (Kemensos),” tegas Chairansyah.

BLT yang dibagikan ini untuk masyarakat miskin yang berpenghasilan kurang mencukupi dengan harapan semua warga miskin yang terdampak Covid-19 bisa merasakan bantuan.

“Mari kita berdoa bersama agar Covid-19 ini cepat berlalu, supaya kita bisa beraktifitas seperti biasa lagi,” harapnya.

Bupati HST juga berharap, kepada masyarakat HST agar bantuan yang diserahkan tidak menimbulkan keributan kalau memang masih ada masyarakat tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan agar di selesaikan dengan musyawarah.

“Kami berharap agar masyarakat tetap patuh pada anjuran pemerintah, protokol kesehatan agar kita terhindar dari virus corona, jangan lupa masyarakat tetap jaga kesehatan di rumah agar kita senantiasa terjaga kesehatannya,” katanya.

H A Chairansyah menambahkan, permohonan maaf kepada masyarakat HST atas keterlambatan pencairan BLT tersebut, sebab proses administrasinya tidak mudah.

“BLT DD ini akan dibagikan dan harus tepat sasaran, terima kasih juga saya ucapkan kepada Pimpinan Bank Kalsel Cabang Barabai beserta jajarannya yang banyak membantu hingga suksesnya penyerahan BLT ini,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Barabai H Zainuddin mengatakan, jumlah penerima BLT DD di daerahnya sebanyak 17.851 KK untuk wilayah Barabai, dan yang sudah terbagi mencapai 5.000 kk lebih, untuk hari ini akan dibagikan sebanyak 908 KK.

“Per-KK itu menerima Rp600 ribu selama 3 bulan, jadi yang sudah mendapatkan dana BLT untuk sekarang sudah terbagi mencapai 5.000 kk lebih,” kata Zainuddin.

Dia berharap dengan penyaluran BLT DD ini bisa secepatnya bisa menyentuh semua masyarakat yang terdampak, sehingga mereka bisa pergunakan dengan sebaik-baiknya dalam kelangsungan hidup. (metro7/sin)