BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah H A Chairansyah bersama Wakilnya Berry Nahdian Forwan dan Sekda HST H A Tamzil serta Asisten I H Ainur Rafiq lepas 9 dokter internship di ruang kerja Bupati, Selasa (12/05).

Turut berhadir, Kepala Dinas Kesehatan, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab HST dan para dokter senior yang selama ini menjadi pendamping tugas mereka.

9 dokter muda Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) angkatan ke dua Tahun 2019 yang bertugas di Rumah Sakit H Damanhuri dan Puskesmas Barabai.

Sebelum pulang ke daerah masing-masing, dokter yang berasal dari berbagai pelosok di negeri ini izin pamit kepada Bupati HST setelah bertugas selama 1 tahun di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pada program tersebut mereka melatih kemandirian seorang dokter dalam menjalankan kompetensinya.

H A Chairansyah mengatakan, pihaknya ucapkan terima kasih dan berikan penghargaan, karena mereka telah melaksanakan tugas dengan baik, untuk masyarakat HST.

Dia menilai, PIDI sangat bermanfaat karena merupakan tahap pematangan diri menjadi dokter yang sebenarnya.

“Karena dokter itu tidak hanya semata-mata melayani pasien,” kata Chairansyah.

Dia berharap, agar tetap meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dengan semangat mengabdi kepada masyarakat.

“Terima kasih atas tugas yang secara profesional dan telah melayani masyarakat HST dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan HST, drg H Kusudiarto mengatakan, dikarenakan Pandemi Corona, setelah 9 dokter program PIDI yang berakhir masa tugasnya tersebut, tidak ada dokter penggantinya di Kabupaten HST.

“Sekitar bulan Oktober 2020 nanti baru ada pengganti dokter dari PIDI yang ditempatkan di HST,” tutupnya. (metro7/sin)