BARABAI, Metro7.co.id – Pelantikan Pembakal atau Kepala Desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tidak lama lagi akan digelar.

Pelantikan tersebut direncanakan akan digelar di bulan Januari tahun 2022. Tetapi, tanggal masih belum pasti.

“Pelantikan Pembakal direncakan pada bulan Januari 2022, namun untuk tanggal tepatnya masih menunggu persetujuan Bupati,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HST, H M Pajaruddin saat ditemui Metro7 di kantornya, Kamis (30/12).

Sebelumnya, dari 161 Desa di HST, sebanyak 148 Desa telah melaksanakan Pemilihan Pembakal serentak pada 23 Nopember 2021 yang lalu.

Sedangkan 12 Desa lain periodenya hingga pada Tahun 2022 dan satu desa masih berproses karena calonnya hanya satu serta lawannya meninggal. “Jadi ditunda,” ujarnya.

Pajar juga membeberkan, saat ini ada empat desa yang menyelenggarakan Pilbakal itu masih bersengketa dan berproses di Pengadilan.

Namun, tuturnya, selesai atau tidak selesainya sengketa di pengadilan tersebut, pelantikan tetap akan dilaksanakan pada Bulan Januari.

“Kita belum ada kepastian Januari itu bisa di awal, pertengahan atau di akhir. Yang pastinya bulan Januari,” tegasnya.

Pihaknya mengajukan rencana pelantikan per Kecamatan, dengan tujuan agar mengurangi kerumunan.

“Pembakal yang dilantik sesuai dengan jabatan kewilayahan akan menggunakan seragam dinas upacara besar serba putih seperti pelantikan Lurah, Camat atau Bupati,” ungkapnya.

Hingga kini, tambah Pajar, pelaksanaan Pilbakal di HST berlangsung aman dan damai serta antuasis masyarakat untuk memilih juga cukup tinggi dibandingkan Pileg maupun Pilkada.

“Meski masih ada potensi bencana bulan Januari ini, semoga ketika pelantikan Pembakal tidak banjir lagi,” pungkasnya.