BARABAI, metro7.co.id – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke perumahan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Danau Canting Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (14/9) siang.

Selain melakukan kunker untuk melihat langsung perumahan program KAT, ia juga menyerahkan sejumlah bantuan dan mempersilakan warga menyampaikan keluhan.

Bantuan sosial yang diserahkan mantan Wali Kota Surabaya ini berupa dana hibah untuk peralatan pertanian dan peralatan sekolah. Bantuan donasi pelanggan Indomaret peduli KAT berupa sarana air bersih, MCK, penghijauan, balai sosial dan penerangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) yang diterima masyarakat secara simbolis.

Selain itu, juga akan diserahkan bantuan APBN Pemberdayaan KAT lokasi khusus berupa pembangunan community center dan perlengkapannya, sarana air bersih dan stimulan usaha kepada masyarakat. “Semua ini untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

Kedatangannya sekitar pukul 14.15 Wita,
ia dan rombongan dijemput dari Balai Kiyu menggunakan sepeda motor. Sebab, jalan menuju Danau Canting tak bisa dilewati dengan kendaraan roda empat.

Kehadirannya yang dikawal Polres HST, TNI, Pol PP dan segenap petugas lainnya itu disambut antusias warga setempat dan dihibur dengan tarian Babangsai dan Tari Kanjar.

Beberapa keluhan warga, Risma menanggapinya dengan meminta stafnya untuk melakukan assessment.

Terkait akses jaringan sinyal, ia sudah mengkoordinasikan dengan Menkominfo. “Menkominfo minta titik-titik koordinatnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk listrik, bakal diusahakan melakukan pengadaan solar sel jenis roof top yang instalasinya ramah lingkungan dan cocok untuk di lokasi tersebut.

Kegiatan kunjungan itu disambut Bupati HST dan Wakilnya, Ketua DPRD HST, Sekda HST serta jajaran pemerintahan dan unsur Forkopimda dan Forkopimcam. Juga turut berhadir dari Pemrov Kalsel, dihadiri oleh Staf Ahli Faried Fakhmansyah.