Pemkab HST Gelar Sosialisasi Workshop PBJ untuk PA/KPA/PPK
BARABAI, metro7.co id – Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri buka secara resmi Sosialisasi Workshop PBJ untuk PA/KPA/PPK, di Auditorium Kantor Bupati HST, Rabu (24/3).
Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, sebagai narasumber Samsul Ramli dari Pemkab Banjar,
Kegiatan juga dilaksanakan secara virtual, sehingga dapat diikuti oleh para Camat dan KPA/PPK SOPD melalui zoom meeting dan YouTube.
Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri mengatakan, atas nama Pemkab HST menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini.
“Sebab, pertemuan ini penting sekali dalam upaya persamaan persepsi dan memberikan pemahaman mengenai tugas, pokok dan fungsi PA, KPA dan PPK,” ucapnya.
Lanjut Mansyah, pengelolaan keuangan daerah merupakan rangkaian instrumen Pemerintah untuk mencapai tujuan bernegara yang dicita-citakan, yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
“Didalam regulasi tersebut, pejabat perbendaharaan negara terdiri dari Pengguna Anggaran, Bendahara umum Daerah, dan Bendahara Penerimaan/Pengeluaran,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan, bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi bagian proses pengelolaan keuangan daerah, baik dari sisi keuangan yang dipergunakan untuk pengadaan ataupun pengadaan yang dilakukan sebagai bentuk pencapaian tujuan dari alokasi keuangan dimaksud.
“Sehingga dalam fungsi penyelenggaraan pengadaan Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) menjadi pihak yang dominan dalam tata kelola pelaksanaannya,” bebernya.
Sementara Kasubbag Pembinaan dan Advokasi UKPBJ, Amir Murtadho selakupanitia penyelenggara menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan, yakni emahaman yang benar dan tepat oleh PA/KPA/PPK dan semua pelaku PBJ dalam pelaksanaan semua komponen belanja pada sub kegiatan SIPD pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SOPD dan dapat terpenuhinya prosentase 100% RUP dari semua belanja PBJ pada DPA SOPD melalui aplikasi SIRUP untuk APBD TA. 2021.
Turut berhadir, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan para Kepala SOPD selaku peserta.