BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan tandatangani Berita Acara Penyerahan LHP BPK RI atas LKPD Tahun 2019 Kabupaten HST di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (16/6).

Turut berhadir, Ketua DPRD HST, Kepala BPKAD HST, Inspektur HST, Direktur RSUD H Damhuri Barabai, dan SKPD terkait lainnya.

Pemerintah Kabupaten HST kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten HST Tahun Anggaran 2019.

Opini WTP yang diterima Pemkab HST kali ini diberikan pada Kegiatan Penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2019 pada 13 Kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) secara serentak melalui Video Conference (Vicon).

Untuk pertama kalinya di tahun 2020 ini, penyerahan LHP LKPD Kabupaten HST 2019 ini dilakukan secara online dari kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Kepala BPK Perwakilan Kalsel, Tornanda Syaifullah kepada Bupati di 13 Kab/Kota di wilayah Provinsi Kalsel. Penyerahan LHP LKPD Kabupaten HST 2019 dilakukan secara online ini dikarenakan di Kalsel saat ini sama dengan Provinsi lainnya sedang mengalami pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Tornanda Syaifullah sampaikan bahwa fokus audit LKPD 2019 ini adalah pemeriksaan kas, baik pada Kas Umum Daerah maupun Kas Dana BOS dan BLUD.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sesuai dengan amanat undang-undang diberikan waktu 60 hari sebagai masa aksi tindak lanjut atas temuan pemeriksaan.

Menurut Syaifullah, opini WTP juga diberikan kepada seluruh Kab/Kota karena sudah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dia berharap, agar Pemerintah Kabupaten tetap harus meningkatkan kualitas laporan keuangan, meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, meningkatkan PAD, dan melepaskan ketergantungan pada Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bekerja keras sehingga HST dapat mempertahankan predikat WTP di Tahun 2020.

“Saya berharap, keberhasilan ini bisa dijadikan motivasi supaya ke depan kinerja Pemkab HST semakin lebih baik dan bebas dari korupsi ke depan, Pemkab HST akan terus berusaha agar capaian ini terjaga dan kita perketat pengawasan serta sistem pengelolaan keuangan dengan benar agar tepat sasaran,” kata Berry. ***

Reporter : Muhammad Yasin / Hulu Sungai Tengah – Kalimantan Selatan.