BARABAI,metro7.co.id – Wujud Kepedulian TNI AD terhadap perekonomian, Kodim 1002/Barabai laksanakan ketahanan pangan melalui demplot padi di Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (24/6).

Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi Bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama, seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang No 7 tahun 1996 tentang pangan. Dalam Undang-undang tersebut disebutkan, bahwa pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian, dan pengawasan terkait pangan.

Tak hanya demplot padi seluas 1 hektar jenis padi Mikongga, Kodim 1002/Barabai juga laksanakan budidaya ikan nila dan lele di karamba, Grenn House, dan budidaya tanaman Holitukultura, yaitu cabe dan tomat.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin melalui Plh Perwira seksi teritorial Kapten Inf Moh Alip Suroso kepada tim pengawasan dan pengendalian Staf Teritorial Kodim VI/Mulawarman Letkol Inf Baharudin Pabandya sampaikan, bahwa kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 1002/Barabai ini merupakan salah satu upaya untuk membantu program Pemerintah.

“Meningkatkan pencapaian hak atas pangan, kualitas SDM, ketahanan pangan nasional dan lokal, kesejahteraan petani dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta perekonomian, agar ketersedianan logistik di wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan Negara,” terangnya.

Sedangkan sasaran yang akan dicapai melalui program ketahan pangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dalam laksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan bidang pertanian.

“Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.” pungkasnya Dandim. ***