BANJARBARU, metro7.co.id – Suasana penuh suka cita menyelimuti halaman Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum (RSJ SALI) Kalsel, Senin (12/8) pagi.

Acara Hari Ulang Tahun (HUT) RSJ SALI ke-17 yang dirangkai dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 dan HUT RI ke-79 tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin melalui Direktur Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kalsel (RSJ Sali Kalsel), Yuddy Riswandhy menjadi momen penting untuk merefleksikan perjalanan panjang RSJ SALI dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang berkualitas bagi masyarakat Kalsel.

Selama 17 tahun, RSJ Sambang Lihum telah mengalami banyak kemajuan dan pencapaian yang membanggakan. Hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari pemerintah daerah, tenaga kesehatan yang berkompeten, serta semangat juang para pasien.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Direktur Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kalsel (RSJ Sali Kalsel), Yuddy Riswandhy, Paman Birin menyampaikan, perjalanan 17 tahun RSJ Sali Kalsel adalah momen yang sangat istimewa dan penuh makna.

“Ini adalah momen yang sangat istimewa dimana kita tidak hanya merayakan kemerdekaan bangsa dan perjalanan panjang Provinsi kita, tetapi juga merayakan keberhasilan dan dedikasi RSJ Sambang Lihum dalam memberikan pelayanan kesehatan mental yang terbaik bagi masyarakat Kalsel,” ungkapnya.

Paman Birin lebih menyampaikan, dalam 17 tahun perjalanan RSJ Sambang Lihum, banyak kemajuan dan pencapaian yang membanggakan telah diraih.

“Selama kurun waktu tersebut, RSJ Sambang Lihum telah tumbuh menjadi pusat rujukan kesehatan jiwa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kalsel,” tambahnya.

Selain itu, Paman Birin mengungkapkan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh tenaga medis, perawat, dan staf Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum (RSJ Sali Kalsel).

Paman Birin mengakui bahwa tantangan dalam merawat pasien dengan gangguan jiwa sangat kompleks. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, dan dedikasi yang luar biasa untuk memberikan pelayanan kesehatan mental yang optimal.

“Saudara semua adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang bekerja di garda terdepan dalam menjaga kesehatan mental masyarakat,” puji Paman Birin.

Ia juga menyampaikan, apresiasinya atas dedikasi seluruh staf RSJ Sali Kalsel dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat.

Paman Birin berharap, dengan semangat dan komitmen yang kuat, RSJ Sambang Lihum akan terus berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

“Saya yakin, dengan semangat dan komitmen yang kuat, RSJ Sambang Lihum akan terus berkembang dan memberikan pelayanan yang semakin baik di masa mendatang,” imbuhnya.

Lomba Puisi dan Menyanyi yang diadakan dalam rangka memperingati tiga momentum besar ini merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan sebagai bagian dari bangsa Indonesia, warga Kalimantan Selatan, dan keluarga besar RSJ Sambang Lihum.

Selain lomba puisi dan menyanyi, terdapat pula lomba memasak yang diikuti oleh pegawai rumah sakit, masyarakat, serta pasien.

Turut berhadir, perwakilan TP PKK Kalsel, Dewan Pengawas RSJ Sali, Wakil Direktur RSJ Sali, Ketua Dharma Wanita RSJ Sali serta seluruh jajaran RSJ Sali.