Jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang dimotori Hj Tintainah Harun Nurasid melakukan penanaman pohon Lengkeng di seputaran gedung PKK Kab HST di Jln Bakti Barabai, Jum’at (14/9/2012) lalu.
Kegiatan itu merupakan bagian dari aksi penanaman pohon dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dilaksanakan dalam rangka pembersihan dan pembenahan lingkungan Gedung PKK, serta sebagai persiapan kegiatan rutin tiga bulanan PKK se-Kalsel yang rencananya akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang.
Menurut isteri orang nomor satu di Bumi Murakata ini, kegiatan tersebut bertujuan agar lingkungan gedung PKK dan sekitarnya terlihat rapih dan asri, serta pemandangannya tampak sejuk dan hijau.
“Penanaman pohon dan TOGA ini akan lebih memberikan kesan asri dan indah untuk lingkungan gedung PKK, mengingat meningkatnya suhu udara di bumi berdampak pada pemanasan global yang ditandai dengan kebakaran hutan, meningkatnya efek rumah kaca, menipisnya lapisan ozon dan tentunya berdampak pada kelangsungan hidup umat manusia. Maka, tidak ada salahnya dari tindakan yang kecil akan berbuah yang besar bagi semuanya,” katanya.
Lebih lanjut, Tintainah memaparkan bahwa kegiatan ini melibatkan semua jajaran TP PKK Kabupaten dan dinas terkait, seperti Dinas Pertanian dan BPLH Kab HST.
“Dengan adanya kerjasama semua pihak yang terkait akan lebih memudahkan dan memperlancar jalannya penanaman pohon dan TOGA ini,” jelas Tintainah
Selain itu, juga dilakukan bersih-bersih di ruang gedung PKK sambil melakukan penataan ruang agar terlihat lebih rapih lagi.
“Mudah-mudahan dengan dilakukannya penanaman pohon dan TOGA kali ini akan lebih meningkatkan penampilan yang baik di mata masyarakat tentang PKK dan gedungnya,” harap Hj Tintainah.
Selain pohon Lengkeng, ibu-ibu PKK juga menanam serai, kunyit, kencur dan lainnya. advhst