AMUNTAI, metro7.co.id – Pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) makin menjamur.

Buktinya berdasarkan data dari Bidang Usaha Kecil Micro (UKM) Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten HSU tahun 2022 tercatat ada 32.599 pelaku UMKM.

Sedangkan ditahun 2023 mengalami kenaikkan dengan total 34.380, dan 2024 tetap berjumlah 34.380 UMKM.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten HSU H Kamaruddin melalui Kabid UKM Danny Saufian Noor mengatakan, meningkatnya jumlah UMKM terjadi saat musim covid-19.

Ketika itu, pemerintah memberikan bantuan sebagai upaya dukungan kepada pelaku UMKM agar mampu bertahan dan tumbuh ditengah tantangan pandemi.

“Peningkatan jumlah ini dikarena adanya data susulan oleh pelaku UMKM disaat covid-19,” ujarnya.

Selain itu, agar pelaku usaha dapat meningkatkan hasil produksi dan mampu bersaing dalam bidang jasa dan perdagangan, Bidang UKM HSU melakukan berbagai upaya pembinaan.

Pembinaan itu berupa memberikan pelatihan keterampilan pengolahan makanan, pelatihan manajemen pemasaran, pembuatan E-Katalog, sampai mengirim pelaku usaha ke Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil di Banjarbaru.

“Tentunya dengan jumlah peningkatan UMKM di HSU ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, diantaranya menciptakan lapangan kerja dan meningkatnya perekonomian di HSU,” pungkasnya. ***