TANJUNG, metro7.co.id – Sebanyak 1.677 tenaga kesehatan Kabupaten Tabalong akan lebih dulu menerima vaksin COVID-19. Tenaga kesehatan tersebut terdiri pada RSUD H. Badaruddin Tanjung, Rumah Sakit Pertamina, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Instalasi Farmasi, dan semua Klinik (swasta) yang ada di Kabupaten Tabalong seperti yang telah disampaikan Juru Bicara Pelaksana Vaksinasi Covid-19 Tabalong, Gusti Judid Iksan Permana kepada awak media Metro7, Rabu (6/1/2021).

Judid menerangkan, tanggal 7-9 Januari Tenaga Vaksinator akan menjalani pelatihan sebagai angkatan pertama.

“Tabalong mendapatkan alokasi sebanyak 15 orang vaksinator yang di ambil dari Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik yang ada,” ujarnya.

Kemudian, pelatihan gelombang II akan dilaksanakan kembali setelah selesai pelatihan gelombang I.

“Sehingga mengkader semua tenaga yang ada dipelayanan kesehatan,” tuturnya.

Setibanya vaksin di Tabalong, vaksin akan ditempatkan di Cool Room Instalasi Farmasi Kabupaten, tepatnya di Maluyung.

“Merupakan ruangan yang dikhusus untuk vaksin, dengan suhu ruangan yang bisa diatur sesuai dengan perutukan jenis vaksin. Luas ruangan sekitar 3 kali 3 meter persegi yang terletak di instalasi farmasi Kabupaten dan itu cukup untuk menampung vaksin dalam jumlah yang besar,” ucapnya.

Judid menambahkan, pendistribusian vaksin tersebut menunggu adanya pengumuman izin edar dari Balai POM untuk siap dilaksanakannya vaksinasi.

“Kemungkinan pengumuman dijadwalkan Menteri Kesehatan pada tanggal 12 Januari 2021. Setelah itu baru di distribusi vaksin dan vaksinasi dimulai,” pungkasnya.***