TANJUNG, metro7.co.id Tiga orang laki-laki ditemukan tak bernyawa karena tenggelam di area kolam buatan yang berada dibelakang perumahan Linda Regency 8 Rt 9 Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Satuan Reserse Kriminal Polres Tabalong yang dipimpin oleh Kasat Reskrim IPTU Galih Putra Wiratama, bersama Polsek Murung Pudak yang dipimpin oleh Kapolsek IPTU Suwito mengamankan dan melakukan olah TKP korban tenggelam. pada Sabtu (6/1/2024) sore.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, melalui PS. Kasi Humas Polres Tabalong IPTU Joko Sutrisno membenarkan tiga orang laki-laki yang telah ditemukan meninggal tersebut.

“Ada 3 pria dewasa yang menjadi korban tenggelam tersebut yaitu Maidi Siswo Pranoto (50) dan  Agus Purwosari (52) keduanya warga RT 13 Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong dan Riyadi Jayeng (50) warga Desa Kedok Rt 6, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Berdomisili di Kelurahan Pembataan Rt. 2, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, ” ungkap Joko.

Menurut keterangan saksi Selamat (49) Ketiga korban adalah temannya yang pada siang itu sepakat untuk memancing dikolam buatan yang berada dibelakang perumahan Linda Regency 8.

Saksi Selamat yang baru tiba dan akan mulai memancing, saat itu melihat korban Siswo Pranoto berada berseberangan dengan saksi hendak berpindah posisi memancingnya. Pada saat berjalan menyisiri kolam, korban Siswo terperosok dan masuk kedalam air.

“Melihat kejadian tersebut korban Agus meminta tolong kepada saksi dan berkata, Met tolongi, Siswo kada bisa bekunyung (berenang),” ujar Joko.

Saksi Selamat pun mencoba membantu korban Siswo namun saksi yang juga hampir tenggelam kemudian menepi dengan berpegangan rumput yang ada di sisi kolam.

Melihat hal tersebut korban Agus juga ikut membantu menyelamatkan korban Siswo, namun juga ikut tenggelam bersama korban Siswo.

Korban Riyadi yang juga melihat kejadian tersebut juga ikut membantu kedua temannya yang sudah tenggelam, sebelum terjun ke air korban Riyadi sempat berkata kepada saksi Selamat. “Telponi Rescue” dan kemudian berenang menuju kedua temannya dan akhirnya Riyadi pun juga ikut tenggelam.

Saksi Selamat yang melihat kejadian tersebut pun, kemudian bergegas meminta bantuan warga Kompleks Linda Regency 8 dan memberi tahukan kejadian tersebut.

Anggota Polsek Murung Pudak dan SPKT Polres Tabalong yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan pencarian bersama tim SAR gabungan, UPBS wilayah tengah, BPBD Kabupaten Tabalong dan Damkar Pemkab Tabalong.

Sekitar pukul 16.30 Wita, ditemukan korban pertama Maidi Siswo, 5 menit kemudian ditemukan korban kedua Riyadi Jayeng sedangkan korban Agus baru ditemukan 1 jam kemudian, selanjutnya ketiga korban di bawa Ke RSUD H Badaruddin Kasim Maburai.

“Pada saat ditemukan ketiga korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan menurut keterangan saksi Selamat mereka sudah sering memancing dilokasi tersebut,” terang Joko.

Lokasi pemancingan mereka tersebut merupakan kolam buatan yang dibuat oleh fihak developer Linda Regency dengan ukuran kurang lebih 50 x 50 Meter untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Kompleks Linda Regency 8 dan lokasinya berdekatan dengan sungai Mangkusip, dimana mana saat itu air di kolam sedang dalam dan meluap.

“Pihak keluarga korban tidak bersedia untuk di lakukan autopsi dan menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan bersedia membuat surat pernyataan penolakan autopsi dan visum,” pungkas Joko. ***