BANJARMASIN – Tongkat komando Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) resmi berpindah.

Irjen Pol Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik (Sahlisospol Kapolri) kini resmi sebagai Kapolda Kalsel menggantikan Irjen Pol Yazid Fanani yang dipromosikan sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (STIK Lemdiklat) Polri.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memimpin langsung Upacara Serah terima jabatan (Sertijab) para Pejabat Polri dan 9 (Sembilan) Kapolda di Aula Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/5/2020) pagi.

Rotasi yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1377/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020 untuk jabatan Irwasum Polri yang ditinggalkan Komjen Pol Moechgiyarto akan diisi Komjen Pol Agung Budi Maryoto yang sebelumnya dijabat.

Jabatan Kadiv Humas Polri akan diisi oleh Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri. Sementara Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K. yang sebelumnya Kadiv Humas Polri diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Posisi Karo Penmas Divisi Humas Polri akan dijabat oleh Brigjen Pol Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum. yang sebelumnya Irwasda Polda Jatim. Untuk rotasi jabatan sembilan Kapolda diantaranya Kapolda Jawa Tengah diisi oleh Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Sementara Komjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Tengah diangkat menjadi Kabaintelkam Polri.

Posisi Kapolda Jawa Timur akan dijabat oleh Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si. yang sebelumnya Sahlisosbud Kapolri. Sementara Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si. yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur akan mengisi posisi Wakalemsiklat Polri.

Kemudian Kapolda Sumatera Selatan akan dijabat oleh Irjen Pol Prof Dr. Eko Indra Heri S, M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai AS SDM Kapolri. Sementara Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M. yang sebelumnya Kapolda Sumatera Selatan diangkat menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Kapolda Banten akan dijabat oleh Irjen Fiandar. Sementara Irjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat oleh Brigjen Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Maluku. Sementara Irjen Pol Drs. Supratman yang sebelumnya Kapolda Bengkulu dimutasi sebagai Analis Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Kalimantan Tengah akan diisi oleh Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. yang sebelumnya Karobinkar SSDM Polri. Sementara Irjen Ilham Salahudin, S.H., M.Hum. yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Tengah dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.
Selanjutnya pada Surat Telegram Nomor ST/1378/V/KEP/2020, posisi Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) akan diisi oleh Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri. Sementara Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.I.K. yang sebelumnya Kapolda Kepri akan mengisi jabatan di Kementerian Hukum dan HAM.

Posisi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dijabat oleh Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K. yang sebelumnya Kadiv Humas Polri. Sementara Irjen Drs. Tomsi Tohir, M.Si. yang sebelumnya Kapolda NTB diangkat sebagai Sahlisospol Kapolri.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melalui Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, selaku Kadiv Humas Polri yang baru dilantik menyampaikan, ini menjadi penyegaran dalam organisasi Polri dengan memperhatikan kompetensi yang sudah dirumuskan.(metro7/nrl)