PARINGIN, metro7.co.id – Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) dipercaya sebagai mitra pendidikan dalam program beasiswa 1.000 sarjana di Kabupaten Balangan.

Dengan hal tersebut Bupati Balangan, Abdul Hadi serahkan beasiswa 1.000 serjana Kabupaten Balangan secara simbolis kepada calon mahasiswa yang menerima program tersebut di Institut Teknologi Sapta Mandiri, Selasa (23/7/2024).

Abdul Hadi mengatakan program beasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Balangan. Untuk anggaran juga telah dipersiapkan, saat ini untuk pembangunan infrastruktur pedesaan juga hampir rampung seluruh desa telah terkoneksi dengan kualitas jalan yang baik.

“Untuk menyiapkan lapangan pekerjaan juga telah dipersiapkan, saat ini pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) juga telah dilakukan. Pembangunan daerah perlu diimbangi dengan kualitas SDM dan ini menjadi salah satu langkahnya,” tambahnya.

ITS Mandiri sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk mewujudkan program beasiswa 1000 sarjana juga tengah mempersiapkan untuk memenuhi sarana prasarana. Saat ini tengah dibangun bangunan kampus baru dengan luasan tanah 1,4 hektar.

Hal ini disampaikan Desak Putu Butsi Triyani selaku Wakil Rektor III Kemahasiswaan dalam sambutannya, dimana saat ini ada 1440 mahasiswa yang mendapat beasiswa. Selain sarana juga mempersiapkan untuk menjadi universitas.

“Persiapan menjadi universitas juga dilakukan dengan penambahan jurusan baru yaitu jurusan ekonomi bisnis, keguruan, hukum, teknik dan kesehatan,” ujarnya.

Dengan menjadi universitas diharapkan nantinya menjadi rujukan pendidikan se banua enam, saat ini juga terus memenuhi kebutuhan tenaga pengajar. ***