KOTABARU, metro7.co.id – Pemkab Kotabaru melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar serentak nasional. GMP di helat di halaman Pasar Limbur Raya. Senin (26/6).

Adapun komoditas pangan yang disediakan antara lain beras medium bulog 4 ton, beras premium bulog 2 ton, minyak goreng kemasan 2 liter sebanyak 550 liter, gula pasir 300 kg, bawang putih 75 kg, bawang merah 100 kg telur ayam 200 kg, sayur mayur, telur asin, dan beras premium lokal.

Sedangkan pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya Bulog Kotabaru, Disperindagkop Kotabaru, Dinas Perikanan Kotabaru, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru, BPR Kotabaru, dan Pedagang Grosir Beras Moga Bauntung.

Kepala Bidang Distribusi dan Kesediaan Pangan, Susilawardaya menyampaikan kegiatan diinisiasi Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kegiatan ini ujar dia serentak secara nasional pertama kalinya, untuk menjaga stok pangan dan stabilitas harga terutama komoditas pangan pokok.

“Sasarannya untuk masyarakat yang membutuhkan dengan harga di bawah pasaran. Dan sebenarnya kegiatan GPM ini intinya sama dengan operasi pasar murah namun istilah ini baru yang diluncurkan oleh Bapanas,” kata dia.

Ditambahkannya program Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan oleh 300 provinsi, kabupaten dan kota serentak se Indonesia hingga bisa memecahkan rekor muri. *