BANJARMASIN, metro7.co.id – Jelang Kongres Nasional Ke-XIX, di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Pemuda Katolik Komda Kalimantan Selatan pun resmi menyatakan sikap dukungan.

Pernyataan sikap dukungan terhadap agenda Nasional Pemilihan Ketua Umum ini disampaikan Ketua Pemuda Katolik Komda Kalsel, Yohannes Sumaryoto didampingi jajaran pengurus.

Yohannes mengatakan, untuk kepemimpinan Ketua Umum Pemuda Katolik periode selanjutnya, Komda Kalsel resmi mendukung saudara Asta Ivo Bonny Sembiring.

“Setelah melalui diskusi panjang di internal Komda Kalsel, kami sepakat memutuskan untuk mendukung Bung Asta maju sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik di Kongres Nasional XIX di Palangka Raya pada 24-27 Oktober mendatang,” ujarnya.

Yohannes mengatakan dukungan kepada Bung Asta merupakan bagian dari demokrasi dan hak dari Pemuda Katolik Komda Kalsel.

“Sifatnya kita dukung dan kita ajukan. Keputusan resminya ada di Kongres. Nanti kita lihat bagaimana proses finalnya,” ujarnya.

Mantan Ketua Komcab Banjarmasin ini mengakui bakal ikut semua prosedur dan dinamika yang nantinya terjadi selama Kongres.

“Kami mendukung Bung Asta bukan tanpa sebab. Kami melihat sosok Asta adalah Sosok orang muda yang mempunyai misi besar untuk kemajuan organisasi ini,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan, dukungan kepada Asta ini juga karena dari sejarah terbentuknya Pemuda Katolik di Kalsel, yang bersangkutan turut berkontribusi besar dalam pembenahan Pemuda Katolik Kalsel 2017 silam.

“Banyak kader kami di Kalsel berhasil dalam jenjang pendidikan Pemuda Katolik karena didikan Bung Asta,” bebernya.

Ia mengakui Asta adalah sosok kader Pemuda Katolik yang memiliki jaringan luas dan sudah selayaknya didukung.

“Menurut kami, jika Organisasi Pemuda Katolik ini merupakan organisasi kader, maka kami tentu mendukung setiap kader yang ingin maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum,” tutupnya.

Diketahui, Pemuda Katolik Komda Kalsel sendiri bakal mengirim dua kader mewakili Komda dan empat orang mewakili Komcab, yakni Komcab Kota Banjarmasin, Komcab Barito Kuala, Komcab Banjarbaru dan Komcab Kabupaten Banjar.