PARINGIN, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat, akan menambah persediaan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya krisis pangan di musim kemarau.

Plt Kepala DKP3 Balangan, Mukhlis melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, Nenang Jamilah mengatakan, peningkatan stok pangan penting untuk memastikan ketersediaan pangan, khususnya saat musim kemarau.

“Saat musim kemarau, bisa saja terjadi krisis pangan dan kondisi darurat lainnya sehingga dibutuhak langkah antisipasi,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa (20/8).

Menurutnya, rencananya akan dilakukan penambahan persediaan pangan sebanyak 80 ton beras.

“Saat ini kita masih memanfaatkan stok pangan dari 2023 lalu yang tersisa 39,1 ton dari total stok awal sebanyak 43 ton,” ujarnya.

Dengan stok yang memadai, tambahnya, Pemkab Balangan berkomitmen untuk menjaga stabilitas pasokan pangan dan mendukung kesejahteraan masyarakat selama musim kemarau.

“Dengan adanya cadangan yang cukup, risiko ketidakstabilan pangan dapat dikurangi dan ketersediaan pangan masyarakat dapat terjamin,” tambahnya.

CPP sendiri merupakan cadangan pangan yang dikelola pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan, terutama dalam menghadapi situasi darurat seperti bencana alam atau krisis pangan. ***