TANJUNG, metro7.co.id – Dalam rangka penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tabalong Tahun 2024.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani membuka secara resmi kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Selasa (24/1) di Aula Gedung Pusat Informasi Pembangunan Jalan Penghulu Rasyid Tanjung.

Kegiatan forum konsultasi publik penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2024 dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tabalong.

Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan forum konsultasi publik sebanyak 90 orang dari berbagai profesi, lembaga baik eksekutif birokrat, legislatif, perguruan tinggi, pihak perusahaan, LSM, ormas, organisasi profesi dan masyarakat.

Kepala Bappeda Litbang Tabalong, H Muhammad Noor Rifani selaku ketua penyelenggara menyampaikan, RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2024 merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tabalong Tahun 2025 dan RPJMD Tahun 2019 – 2024 yang memuat rencana kerangka ekonomi daerah, perioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk waktu satu tahun, pada minggu pertama bulan Desember Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Tabalong telah memulai menyusun rancangan awal tentang RKPD tahun 2024 ini sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, kegiatan konsultasi publik ini mengawali proses perencanaan yang mulai dilaksanakan ditandai dengan musrenbang di tingkat kecamatan dan selanjutnya nanti dilaksanakan musrenbang tingkat kabupaten.

“Proses perencanaan yang kita lakukan ini adalah untuk menyusun sebuah rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024,” katanya.

“Proses ini didasari Undang-Undang maupun Peraturan Pemerintah dan Permendagri, dan ini satu-satunya forum yang menjadi awal dari kegiatan musrenbang yang yang kita laksanakan,” tambahnya.

Oleh karenanya, Bupati Tabalong berharap agar bisa memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya, dan setelah ini mulai besok manfaatkan lagi forum musrenbang kecamatan supaya bisa melahirkan suatu perencanaan pembangunan yang berkualitas.

“Forum konsultasi publik ini dan forum musrenbang tingkat kecamatan dan forum musrenbang tingkat kabupaten supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

Dalam kegiatan forum konsultasi publik ini diisi paparan materi oleh Bappeda Litbang sekaligus diskusi bersama.