PARINGIN, metro7.co.id – Apel gabungan yang selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan menjadi kabar gembira untuk tenaga non-ASN dan mahasiswa baru Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM), Halaman Kantor Bupati Balangan, Senin (23/09/2024).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi yang menyampaikan dua program prioritas pemerintah daerah, yakni kenaikan insentif bagi tenaga non-ASN dan program beasiswa 1000 sarjana.

Dalam sambutannya, Abdul Hadi menjelaskan bahwa Pemkab Balangan akan menaikkan insentif bagi tenaga kontrak daerah sebesar Rp300 ribu, yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2025. Kebijakan ini akan didukung oleh penambahan anggaran sebesar Rp18 miliar setiap tahun.

Abdul Hadi menegaskan bahwa kenaikan ini adalah bagian dari upaya pemkab untuk memastikan seluruh tenaga non-ASN mendapatkan hak yang layak atas kontribusi mereka bagi pelayanan publik di Balangan.

Selain kenaikan insentif, Bupati Balangan juga menekankan pentingnya program beasiswa 1000 sarjana yang terus digalakkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Balangan.

Program ini dikhususkan bagi warga Balangan yang memiliki KTP dan KK setempat, dengan syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dan batas waktu kuliah maksimal delapan semester.

“Program beasiswa ini kami luncurkan agar anak-anak Balangan dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kami ingin memastikan bahwa SDM di Balangan semakin unggul dan dapat berkontribusi lebih besar dalam pembangunan daerah di masa depan,”imbuhnya.

Rektor ITS Mandiri, Abdul Hamid, menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Balangan atas perhatian besar yang diberikan terhadap dunia pendidikan. Menurutnya, program beasiswa ini akan membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa untuk berperan dalam pembangunan daerah di masa depan.

“Terima kasih kepada Bupati Balangan dengan program beasiswa 1000 sarjana ini kami merasa sangat diperhatikan dan merasa dilibatkan dalam pembangunan daerah. Kami berharap para mahasiswa nantinya dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Adit, perwakilan tenaga non-ASN, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah atas kebijakan kenaikan insentif.

“Terima kasih kepada Bupati Balangan beserta jajaran atas insentif yang diberikan. Saya mengajak rekan-rekan non-ASN untuk bekerja lebih baik dan mendukung terciptanya pelayanan publik yang prima menuju Balangan Baharat,” pungkasnya