Tanjung, –Forum Komunikasi Kepala Desa se Wilayah Utara di Kabupaten Tabalong menggelar rapat bersama Kepala Desa se Wilayah Utara pada Kamis lalu bertempat di kantor Kepala Desa Nawin Kecamatan Haruai.
 Ketua Persatuan Kepala Desa Kecamatan Haruai Marhani mengatakan ada 6 poin yang menjadi bahasan utama dalam rapat pertemuan itu, yakni akan memohon agar DPRD dan Bupati Tabalong, dapat mencarikan solusi tentang uang purna tugas kepala desa, dalam hal peningkatan SDM para kepala desa baik study banding agar biaya bisa dianggarkan dari dana APBD, lalu setiap agenda pembahasan DPRD dengan SKPD terkait bisa menghadirkan persatuan kepada desa, juga bisa lebih meningkatkan kesejahteraan para kepala desa dan aparatur desa, serta meningkatkan pendapatan daerah.
 “Kami atas nama Persatuan Kepala Desa juga menyarankan agar Pemda Tabalong segera melakukan Depestasi PT Adaro Indonesia dan yang terakhir mohon agar DPRD dan Bupati Tabalong bisa memberikan fasilitas kendaraan kepada Kades,” ucapnya.
Disebutkanya, ke 6 poin harapan tersebut akan langsung disampaikan ke DPRD dan Pemerintah Daerah Tabalong. juga diharapkannya sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) nanti agar DPRD mengagendakan dan memfasilitasi pertemuan antara pihak pemerintah daerah, DPRD kabupaten Tabalong dengan Persatuan Kepala Desa se Wilayah Utara.
 “Tidak muluk-muluk keinginan kami Persatuan Kepala Desa, kami mewacanakan agar tunjangan para kepala desa maupun aparat desa bisa ditingkatkan lagi, kemudian keinginan kami adanya fasilitas kendaraan roda empat jenis Suzuki APV hanya untuk keperluan di desa mengingat banyaknya tugas pelayanan yang harus diberikan kepada warga, misalnya ada yang sakit yang memerlukan rujukan ke Rumah Sakit, bagaimana kalau tidak ada kendaraan berupa mobil yang tersedia.
Masalah kami para kepala ingin dilibatkan dalam setiap kegiatan pembahasan di DPRD, yah paling tidak kehadiran para kepala desa bisa sebagai penyeimbang,” pungkas Marhani. Metro7/Via