TANJUNG, metro7.co.id – Pendidikan merupakan sebuah hal paling penting yang tidak boleh diabaikan pada masa sekarang.

Mengingat pada saat ini tercatat ada ribuan peserta didik di Kabupaten Tabalong yang telah menyelsaikan masa pendidikannya di bangku Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tahun 2023.

Maka dari itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Tabalong, Tonie Marwan mengaharapkan kepada anak-anak yang baru selesai masa pendidikan dasar dan menengah pertama agar bisa melanjutkan kependidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

“Kami berharap anak-anak kami ini melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, kalau lulus SD masuk ke SMP atau Tsanawiyah,” ujarnya Tonie, Senin (26/6/2023) di ruang kerjanya.

Sedangkan yang lulus SMP di Tabalong tahun ini, ia juga mengharapkan agar melanjutkan pendidikannya ke SMA, SMK atau MA.

“Karena ini penting, tidak hanya untuk anak-anak kita di Tabalong juga untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah yang saat ini masih berada di 9,12,” terangnya.

Diketahui ada total sebanyak 4.299 anak SD yang menduduki bangku kelas VI terdiri dari 2.226 laki-laki dan 2.073 perempuan. Sedangkan untuk SMP ada total 1.954 yang terdiri dari 1.010 laki-laki dan 944 perempuan dan dinyatakan lulus semua pada tahun ini di Tabalong.

“Lulus semua, selagi mereka normal mengikuti pembelajaran tidak ada alasan untuk kesatuan pendidikan menunda (terkecuali ada penyebab luar bias) tapi tahun ini tidak ada Alhamdulillah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu ia selalu mengupayakan memberikan peleyanan terbaik secara maksimal tetkait pendidikan untuk kemajuan Bumi Sarabakawa.

“Kami mencoba memaksimalkan pelayanan jasa pendidikan yang terbaik di Kabupaten Tabalong,” pungkasnya. *