PARINGIN – Balangan yang dinilai memiliki potensi konflik yang cukup tinggi dalam gelaran Pilkada, menjadi perhatian serius jajaran Polri. Berangkat dari sana, Kapolda Kalsel Brigjend Pol Agung Budi Maryoto, secara langsung melakukan kunjungan ke Bumi Sanggam, Selasa (03/11) kemarin.
Kedatangan rombongan Kapolda Kalsel tersebut, disambut langsung oleh Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo Penjabat Bupati Balangan HM Hawari dan Dandim 1001 Amuntai-Balangan Priyanto Eko Widodo.
“Ada tiga hal yang kita fokuskan dalam kunjungan ini, yaitu silaturahmi, pengecekan kesiapan jajaran Polres Balangan dalam menghadapi Pilkada, serta kasus pembakaran lahan,” ujarnya.
Dari pantauan yang dia lakukan lanjut Agung, semua sarana dan prasarana dalam kondisi bagus. Sedangka untuk personil, diakui Agung bahwa Polres Balangan dinilai masih kekuranga personil. Untuk mengatasi hal itu, pengamanan Pilkada dilakukan secara rayonisasi, yakni Polres Balangan Tabalong dan HSU.
“Tenaga PNS juga di Polres Balangan masih belum ada, jadi rencananya ke depan akan kita tambah,” jelasnya.
 Sementara itu, Penjabat Bupati Balangan HM Hawari mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapol Kalsel yang telah memberikan arahan khusus terkait pengamanan Pilkada.
“Kesuksesan dan kelancaran Pilkada merupakan tugas bersama, kita berharap semua pihak bisa diajak kerja sama dalam mensukseskan Pilkada tahun ini, baik Pilkada Balanga maupun Kalsel,” tuntasnya. (metro7/wnd)