TANJUNG, metro7.co.id – Menjaga dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kasat Binmas Polres Tabalong, AKP Samsu Suargana himbau masayarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan dengan sengaja.

Sebagai Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) yang bertanggung jawab dalam Operasi Bina Karuna Intan tahun 2023, pihaknya ingin operasi ini dapat mencegah terjadinya Karhutla di Tabalong.

“Saya menghimbau jangan sekali-kali warga masyarakat Kabupaten Tabalong membuka lahan dengan cara dibakar,” ujar Samsu kepada sejumlah media, Rabu (2/8/2023) di lingkungan kerjanya.

Menurutnya Satbinmas sendiri berfungsi untuk mencegah dalam hal preventif. Apabila nanti ada yang dengan sengaja membakar maka jangan sampai nanti ada tindakan represif dari satuan Reskrim yang akan memproses perbuatan daripada pembakaran hutan ini.

Meskipun memang di Tabalong ini ada namanya kearifan lokal yang dibolehkan membakar lahan namun secara teknis secara izin khusus. Pihkanya menyatakan bahwa masih belum bisa dibolehkan.

“Perlu komunikasi, koordinasi dan pemberitahuan kepada pihak desa, kelurahan, Kecamatan, Koramil dan Polsek,” jelasnya.

“Oleh karena itu kami menghimbau sementara waktu ini jangan dulu melaksanakan membuka lahan dengan cara dibakar, karena ada sanksi-sanksi dalam hal pembakaran hutan ini,” timpalnya.

Lalau ia berpesan kepada seluruh masyarakat Tabalong agar menjaga lingkungan dan menjaga hutan dengan tidak membakar hutan atau lahan.

“Pesan-pesan dari saya selaku Kasat Binmas mari kita jaga lingkungan, jaga hutan kita jangan sampai terjadi musibah kebakaran,” tutupnya. ***