KOTABARU, metro7.co.id – Kebakaran yang terjadi di Kelumpang Hilir, Kotabaru menghanguskan satu buah rumah pada Selasa, (17/9/24).

“Kebakaran di Desa Tarjun RT.14 RW.02, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru menghanguskan sebuah rumah milik A (40), seorang karyawan swasta,” kata Kapolsek Kelumpang Hilir, Iptu Marjoko.

Marjoko menerangkan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 05.30 WITA, saat pemilik rumah sedang berjualan di pasar, sehingga rumah dalam keadaan kosong.

“Api pertama kali terlihat oleh warga sekitar yang mendengar teriakan dan melihat kobaran api berasal dari dapur rumah,” katanya

Warga segera berupaya memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT. Indocement dikerahkan ke lokasi.

Namun rumah berukuran 8×12 meter persegi yang terbuat dari kayu tidak dapat diselamatkan dan ludes terbakar.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.20 WITA,” tambahnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 60.000.000. Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah percikan api dari kompor gas LPG yang ditinggalkan di dapur,” terangnya.

Anggota Polsek telah mendatangi lokasi untuk mengamankan tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi.

Barang bukti yang diamankan antara lain potongan kayu sisa kebakaran, satu unit kompor gas, dan tabung gas LPG 5 kg. Kasus ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. ***