TANJUNG, metro7.co.id – Kantor Kecamatan sebagai kepanjangan tangan pemerintah kabupaten sudah selayaknya memilki kantor yang representatif dan memenuhi standar untuk pelayanan publik.

Seperti halnya Kecamatan Haruai, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong akan memprioritaskan relokasi pembangunan kantor baru Kecamatan, yang menurut rencana terletak di Desa Nawin pada tahun depan.

Dari seluruh kecamatan se Tabalong saat ini baru Kantor Kecamatan Muara Uya yang dibangun dan dianggap sesuai standar untuk sebuah kantor kecamatan.

Pj Bupati Kabupaten Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengatakan pihak pemerintah tengah melakukan koordinasi untuk rencana pembangunan kantor camat tersebut.

“Tak kalah penting juga melaksanakan sosialisasi dan melibatkan warga untuk rapat koordinasi,”ujar Hamida kepada sejumlah awak media saat menyambangi kantor camat Haruai.

Rencananya, Kantor Camat Haruai yang baru, akan dibangun di Desa Nawin karena tipikal datarannya lebih tinggi sehingga dimungkinkan tidak tersentuh banjir.

“Kalau lokasi kantor camat yang ada sekarang bisa terdampak banjir,” ujar salah seorang warga setempat yang menolak dicatat namanya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong, Agung Wibawa menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan lahan yang dianggap layak untuk tempat baru Kantor Camat Haruai.

“Luas lahan yang disiapkan mencapai 4,6 hektare,”ungkap Agung.

Ditambahkannya, pembangunan seluruh kantor camat se kabupaten Tabalong memang sudah direncanakan oleh kepala daerah sebelumnya.

“Jadi ini program Bupati terdahulu, bahwa seluruh kantor kecamatan itu akan dibangunkan gedung baru sesuai standar yang ada di pemerintah daerah,” tambah Agung.

Dilanjutkannya realisasi pembangunan kantor camat sudah dimulai di Muara Uya, selanjutnya 10 kantor camat lainnya segera menyusul.