TANJUNG, metro7.co.id – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para kelompok tani di Kecamatan Wilayah Selatan khususnya Kecamatan Pugaan dan Kecamatan Banua Lawas.

Pemkab Tabalong Kalsel melalui DKPPTPH setempat menyalurkan bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap berupa sejumlah jukung dan beberapa jenis alat tangkap ikan kepada dua kelompok tani nelayan tangkap ikan.

Bantuan tersebut diserahkan Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, Senin (14/10) di Desa Sei.Rukam I Kecamatan Pugaan.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji mengatakan bantuan ini bertujuan dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan penangkapan ikan serta ekonomi rumah tangga nelayan Tabalong.

Sarana bantuan diberikan kepada Kelompok Panca Hariang Desa Hariang Kecamatan Banua Lawas paket bantuan berupa jukung 17 buah.

Kemudian Kelompok Kayuh Baimbai Desa Sei.Rukam I Kecamatan Pugaan berupa paket Jukung 25 buah, alat tangkap lukah 200 buah, rengge 50 set, tempirai 100 buah.

Menurut Fahrul Raji, pihaknya menyadari bantuan ini masih kurang terfasilitasi karena jumlah pelaku usaha penangkapan ikan di Tabalong mencapai 649 orang sebagaimana data statistik perikanan tangkap DKPPTPH. “Kami berharap dan berupaya semoga di tahun yang akan datang bantuan seperti ini dapat dilaksanakan dan tentunya dengan jangkauan lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara, Pj Bupati Tabalong dalam sambutannya mengatakan wilayah selatan Kabupaten Tabalong mempunyai area rawa dan lebak yang relatif cukup luas yang kemudian dimanfaatkan masyarakat untuk usaha pertanian dan juga usaha penangkapan ikan.

Ketika musim penghujan lahan-lahan ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk usaha penangkapan ikan, sedangkan pada musim kemarau dijadikan untuk usaha pertanian yang tentunya sebagai mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat di wilayah selatan.

Melihat dari hasil rata-rata usaha tangkapan ikan perlu adanya upaya atau strategi yang harus dilakukan agar produktivitas hasil tangkapan ikan semakin meningkat khususnya untuk ikan-ikan lokal yang umumnya lebih disenangi oleh masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melalui bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap berupa alat tangkap dan perahu tanpa motor atau jukung.

“Melalui upaya ini diharapkan sasaran produksi perikanan tangkap di Kabupaten Tabalong dapat tercapai sehingga dapat mendukung swasembada pangan khususnya ikan sebagai sumber protein di Kabupaten Tabalong,” ujar Hj Hamida. ***