TANJUNG, metro7.co.id – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, ratusan sapi di wilayah Kabupaten Tabalong diperiksa tim Keswan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disbunnak Kabupaten Tabalong, drh Suwandi, secara langsung turun ke lokasi, satu di antaranya di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

Jelang Idul Adha ini kata drh Suwandi, pihaknya berkewajiban untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Selain itu melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah hewan kurban yang tersedia.

“Untuk saat ini hasil dari rekap kami untuk di Tabalong, sapi yang telah tersedia saat ini ada 1.085 ekor, untuk kerbaunya ada 15 ekor dan kambing itu ada 346 ekor,” kata drh Suwandi, Selasa (8/6).

Dibanding tahun lalu lanjut katanya, jumlah saat ini lebih banyak, namun untuk kerbau masih kekurangan. Meski demikian, kurangnya tidaklah banyak.

“2023 kemarin jumlah sapi sebanyak 955 ekor, lalu kerbau 7 dan kambing 82 ekor,” ucapnya.

Disamping itu, ia menyebut terkait ketersediaan hewan kurban terkini, drh Suwandi menyatakan jumlahnya bisa dibilang sangat cukup, bahkan mungkin berlebih.

Sedikitnya, ada 70 tempat peternak sapi, kambing maupun kerbau yang tim nya datangi untuk memastikan ketersediaan dan kesehatan hewan tersebut. Semuanya menyebar pada 12 kecamatan di Kabupaten Tabalong.

Beberapa hari jelang Idul Adha pula, pemeriksaan terhadap hewan kurban ujar drh Suwandi akan kembali dilakukan. Sehingga kondisi hewan yang akan dikurbankan benar-benar dipastikan dalam keadaan sehat dan layak. ***