BANJARMASIN, metro7.co.id – Pemerintah Kota Banjarmasin sejak 9 Agustus 2021 secara resmi membuka lelang atau seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, itu tertuang dalam surat edaran Wali Kota dengan nomor : 821.22/1248-MP/BKD,Diklat/2021.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-2631/ KASN/08/2021 tanggal 3 Agustus 2021 perihal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin.

Sehingga seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan bisa mengikuti seleksi terbuka jabatan tersebut.

“Lelang jabatan Sekda sudah resmi dibuka dan diumumkan. Jadi silahkan bagi seluruh ASN yang merasa memenuhi syarat bisa saja mendaftarkan dirinya,” ucap Plh Sekda Kota Banjarmasin Mukhyar.

Ia mengaku belum mengikuti update terbaru terkait siapa saja yang sudah mendaftar sebagai calon pengisi jabatan panglima di Pemerintahan Kota Banjarmasin ini.

”Kita tidak membatasi jumlah yang mendaftar, semakin banyak, semakin bagus,” ujarnya singkat.

Untuk mengikuti proses lelang Sekda (Eselon II.a) tersebut, panitia seleksi (pansel) memiliki 19 syarat administratif yang harus dipenuhi.

Inilah syarat tersebut :

1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

3. Memiliki integritas dan moralitas yang baik.

4. Paling rendah memiliki pangkat/golongan ruang Pembina Tingkat I (IV/b),

5. Peserta yang melamar untuk mengikuti seleksi calon Sekretaris Daerah Kota adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama minimal eselon II.b,

6. Pendidikan Minimal Strata 1 (S-1) atau Diploma IV (D-IV),

7. Telah mengikuti dan Lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II (Diklat Pim II).

8. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan,

9. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang urusan pemerintahan daerah yang terkait dengan jabatan yang dilamar secara komulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun pada saat mendaftar seleksi.

10. Berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada tanggal 1 Oktober 2021,

11. Semua unsur prestasi kerja (SKP) tahun 2019 dan 2020 sekurang-kurangnya bernilai baik,

12. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang berwenang (Pyb) atas nama Pejabat Pembina Kepegawaian untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin bagi PNS di luar Instansi Pemerintah Kota Banjarmasin;

13. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah,

14. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat,

15. Tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik,

16. Tanda Bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun terakhir.

17. Tanda Bukti Laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak tahun terakhir dan NPWP,

18. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),

19. Membuat makalah yang berisi Visi Misi dan Program Kerja Jabatan Sekretaris Daerah, Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 16 Agustus 2021.

Bagi pelamar diminta menyampaikan lamaran kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Tahun 2021 melalui Sekretariat Panitia Seleksi.***