KOTABARU, metro7.co.id – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Kotabaru, dilakukan Badan Kesbangpol Kotabaru.

Calon Paskibraka Duta Pancasila ini dikumpulkan di Gedung Paris Barantai, Kotabaru, Senin (13/2/23).

Sebanyak 168 dikumpulkan ini diambil dari pelajar SLTA sederajat tersebar di 22 kecamatan. Dari hasil seleksi itu diambil 39 orang

Minggu Basuki Asisten 1 Pemkab, mewakili Bupati Kotabaru menyebut kegiatan ini tepat menanamkan jiwa pancasila, meningkatkan mental serta disiplin generasi muda.

Menurut dia jadi anggota paskibraka bukan perkara mudah dan tidak semua orang memiliki peluang sebab harus siap secara fisik dan mental.

“Saya berharap, peserta yang mengikuti seleksi nanti benar benar menampilkan jiwa patriot dan memiliki jiwa nasionalisme, wawasan keterampilan serta bekerja keras,” ucap Minggu.

Diterangkan Kepala Kesbangpol Kotabaru, Melinda Ratna Agustina bahwa seleksi paskibraka dilaksanakan selama tiga hari dari 13 hingga 15 Februari 2023

Ada beberapa tahapan untuk dilalui yakni, tes administrasi, kesehatan, kemampuan fisik dan wawancara, psikotes dan pantukhir.

“Kita para pelajar ini, jadi hanya 39 orang yang akan bisa masuk jadi anggota Paskibra Duta Wisata 2023,” kata Melinda.

Tahapan perekrutan calon Paskibra 2023 dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Lembaga ini bentukan dari Presiden Republik Indonesia. ***