KOTABARU, metro7.co.id – Pemkab Kotabaru melakukan penandatanganan program satu data, satu peta sekaligus Launching web satu data.

Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Surya, pada Rabu (30/11/22). Seluruh SKPD hadir dalam penandatanganan dan sejumlah instansi vertikal.

Bupati Kotabaru diwakili Asisten Bidang Perekomomian dan Pembangunan Pemkab Kotabaru Murdianto menyebut peran satu data sangat menentukan dalam pengambilan keputusan.

Kebutuhan pemerintah atas satu data sebagi dasar perencanaan pelaksanaan. Kemudian evaluasi dan pengendalian pembangunan merupakan suatu hal yang sangat mendasar.

“Data yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan yang tepat guna tepat sasaran adaptif dan berkelanjutan,” kata dia.

Oleh sebab itu lanjutnya forum satu data Kotabaru berperan penting untuk mewujudkan satu data Indonesia tingkat daerah yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah guna mewujudkan sistem pemerintah yang bersih, efektif, efesien transparan dan akuntabel.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan upaya yang luar biasa serta komitmen, kolaborasi, koordinasi dan sinergi seluruh pihak terkait,” ucap Murdianto.

“Karenanya saya menghimbau agar semangat, kerjasama kolaborasi dan koordinasi antar seluruh pihak terkait dapat terjalin dengan baik sehingga satu data di Kotabaru dapat berjalan dengan optimal sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan Kotabaru,” katanya.

Kepala Bappeda Kotabaru Rurien Srihardjanti menyampaiakan apa yang ditegaskan Presiden Joko Widodo bahwa data adalah jenis kekayaan baru.

“Data ini adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil, bahkan lebih berharga dari minyak,” kata dia.

“Data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan,” ucap Rurien.