KOTABARU, metro7.co.id – Bupati Sayed Jafar menghadiri panen raya padi sawah di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Sayed ikut memanen padi milik warga, Selasa (30/6/20).

Menurut Sayed Jafar pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat yang termasuk dalam visi misi agrobisnis dan pariwisata.

Panen raya ini, ucap bupati untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi Covid -19, serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di Kotabaru.

“Semoga hasil panen padi ini meningkat setiap tahunnya, sehingga Kotabaru bisa menjadi daerah swasembada pangan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Ir Hairuddin menjelaskan, panen padi seluas 25 hektar di Desa Sungai Pasir, menghasilkan 6,7 ton per hektar gabah kering.

“Ini meningkat dari sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton saja per hektar,” ujarnya.

Khairuddin menambahkan, kegiatan intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di Kotabaru dilakukan di empat lokasi, masing-masing luasnya 25 hektar yakni di Desa Sungai Pasir, Teluk Mesjid, Pudi, dan Desa Bakau.

“Hasil ini harus terus kita tingkatkan, jangan pernah merasa puas, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ia menambahkan.

Bupati Kotabaru juga menyerahkan beberapa bantuan alat pertanian serta bantuan kemasan beras kepada Kelompok Tani Bintang Kejora Desa Sungai Pasir. ***