KOTABARU – Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) di tiga kecamatan hari ini, Selasa (28/1) dilantik Bupati Kotabaru.

Pelantik 71 anggota BPD periode 2020 – 2026 ini dilangsungkan di halaman Paud Desa Banua Lawas, Kelumpang Hulu.

Tiga kecamatan itu antara lain Kelumpang Hulu 10, Desa Bangkalan Melayu, Bangkalaan Dayak, Banua Lawas, Cantung Kiri Ilir, Mangkirana, Karang Payau, Karang Liwar, Sungai Kupang, Laburan serta Sidomulyo.

Kemudian dari Kecamatan Kelumpang Tengah yaitu Desa Senakin Seberang, Sebuli dan Kecamatan Hampang yaitu Desa Muara Urie.

Untuk mewujudkan kemajuan, Bupati Kotabaru menyampaikan agar anggota yang baru ini secepat mungkin bekerjasama dengan kepala desa

“Semoga dengan anggota BPD yang baru ini, tugas kades bisa meningkatkan pembangunan yang lebih efektif, transparan, teratur dan sesuai perundang – undangan yang berlaku. Jadikan ini sebuah kompetisi untuk meningkatkan pembangunan di desa – desa yang ada di Kotabaru,” ujar bupati.

Bupati menyatakan dirinya sebagai pimpinan juga harus berkompetisi dengan 13 kabupaten /kota untuk memajukan daerah melalui pembangunan – pembagunan sehingga tidak tertinggal dengan kabupaten lain di Kalsel.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H Hariansyah mengajak anggota BPD yang baru dilantik bisa secepat mungkin berkerjasama dengan Kepala Desa dan perangkatnya untuk pembangunan desa tersebut.

“Anggota BPD agar bisa menyerap aspirasi masyarakat, dan membantu perangkat desa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada warganya,” katanya.

Selanjutnya, Bupati Kotabaru menyerahkan bantuan pribadi untuk pembangunan Mesjid Baiturahman di Desa Banua Lawas dan penyerahan cindera mata berupa foto bersama untuk anggota BPD yang telah dilantik di Kecamatan Kelumpang Hilir sebanyak 16 orang.

Kemudian menyerahkan bantuan dari Dinas Kesehatan 1 unit mobil ambulance untuk pukesmas Sungai Kupang, BPJS Kesehatan untuk 3 desa, makanan tambahan makanan ibu hamil, bantuan hibah kepada pengurus GPDI Ekklesia Desa Karang Liwar sebesar 25 juta, GPDI Eliezzer Desa Bangkalan Dayak sebesar 50 juta, GPDI Eben Haezer Desa Karang Liwar 50 juta, GPDI Bukit Sion Desa Laburan 75 juta, GPDI Exilsia Guntung Turap Desa Bangkalan Dayak 50 juta dan pengurusan Wihara Sudha Subha Desa Karang Liwar 30 juta. (metro7/syn/rel).