KOTABARU, metri7.co.id – Komplotan perampok bersenjata api yang beraksi di Kotabaru, Kalsel, beberapa waktu lalu berhasil dibekuk tim gabungan Polda Kalsel.

Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Sjafruddin mengatakan dalam perburuannya, jajaran Polres Kotabaru bersama Polsek Pamukan Utara di backup oleh Subdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan (Ditreskrimum Polda Kalsel).

Tiga dari lima pelaku berhasil diamankan polisi, sementara dua tersangka lain masih DPO. Andi Adnan menyebut motif pelaku melakukan aksinya hingga melukai korban, karena merasa sakit dan masalah himpitan ekonomi.

“Kejadian ini terjadi pada Jumat (11/6/21), sekira pukul 02.00 Wita. Tempat kejadian di Rt 13, Desa Lintang Jaya, Kecamatan Pamukan Utara” kata dia saat jumpa pers, di Mapolres Kotabaru.

Ia menerangkan yang menjadi perampokan adalah Suparno. Polisi kata dia berhasil menangkap 3 orang tersangka dari 5 pelaku yang beraksi.

Ketiga tersangka diringkus di lokasi terpisah. Di Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser dan di Pamukan Utara, Kotabaru.

“3 tersangka yang diamankan inisialnya adalah AM, ML dan IH. Dan dua orang DPO injsialnya MN dan AS,” terang Kapolres.

Adapun barang bukti yang dicuri para pelaku uang senilai Rp 100 juta dan perhiasan emas seberat 22,5 g, yang nilainya sekitar Rp 12 juta.

“Motifnya tersangka AM merasa sakit hati, pelaku menganggap korban sombong, dan tidak bersosialisasi dengan masyarakat. Sementara MR dan IH motifnya karena kebutuhan ekonomi, pelaku butuh uang untuk bayar hutang,” pungkas Kapolres. ***