KOTABARU, metro7.co.id – Rombongan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dipimpin pembina UPTD BLK Kalimantan Selatan mengunjungi BLK Kotabaru. Jumat (23/10).

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Sekdakab Kotabaru Said Akhmad Assegaf didampingi sejumlah SKPD Kotabaru.

Kepala BBPLK, Herman, mengungkapkan kedatangan dirinya dan rombongan guna melihat langsung kondisi BLK Kabupaten Kotabaru.

Menurut Herman ada beberapa daerah dimana pemdanya tidak konsen terhadap BLK setempat, akibatnya gedung menjadi tidak terawat.

“Ternyata kita lihat di sini BLK nya cukup bagus dan terpelihara, pemdanya konsen terhadap BLK, terlihat seperti beberapa peralatan yang didanai oleh APBD,” kata dia.

Herman mengatakan dengan kondisi keadaan BLK yang bagus tersebut diharapkan program bisa berjalan sesuai dengan harapan karena sarana dan prasarana yang dimiliki cukup memadai.

Seperti keberadaan instruktur dan peralatan sehingga pelatihan bisa maksimal dan mampu menciptakan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan industri.

“Untuk percepatan sertifikasi tenaga kerja, sehingga BLK kita dorong untuk melatih calon tenaga kerja untuk mempersiapkan kebutuhan tenaga kerja di daerah,” ujar dia.

Sekdakab Kotabaru, Said Akhmad, mengatakan bahwa BLK adalah ujung tombak pemerintah daerah dalam rangka menyiapkan tenaga-tenaga kerja professional.

Apalagi kata dia Kabupaten Kotabaru sudah ditetapkan sebagai kawasan industri dan termasuk salah satu upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran di daerah.

Dia berharap kedatangan Kepala BBPLK bisa membantu bagaimana menyiapkan tambahan tenaga instruktur termasuk peningkatan pelatihan SDM nya, karena beberapa instruktur sudah mulai pensiun.

“Tanpa instruktur yang memiliki SDM tinggi, tidak mungkin kita akan mencetak tenaga-tenaga kerja yang professional,” kata dia. ***