KOTABARU, metro7.co.id – Selain destinasi wisata alam, Kotabaru menyimpan banyak objek wisata religi atau rohani cukup diminati, baik pelancong luar maupun dalam daerah.

Para peziarah biasanya datang berziarah ke makam-makam, diantaranya; makam Habib Husein (Tirawan), Raja Sigam, Pangeran Jaya Soemitra, Pangeran Abdul Kadir. Kemudian Pangeran Syech Muhammad Nafis, Habib Akhmad (Tanjug Pinggir Pantai), Habib Mukhsein (Seratak), KH M Hasan ( Beranga), Habib Farsi ( Kepayang,Langkang Baru), Habib Alwi (Sarangtiung), dan makam H Abdul Hamid (Gunung Pahlawan Batuah).

Untuk makam ulama yang ada di ibu kota Kotabaru terdapat makam KH Khusairin Imansyah (Mandin), Habib Muhammad Effendi (Sungai Paring), KH M Ilmi (Sungup), Datuk H Joyo Usman (Sebelimbingan), Thahir (Gunungsari).

Selanjutnya ada makam KH Sulaiman Nain (Mega Indah), Habib Thahir (Gunung Relly), Habib Umar (Gunung Sentral), Habib Alwi (Komplek Makam Habib), H Muhammad Husin bin KH Muhammad Dahlan (Perumahan Indah Permai, Desa Sigam) dan KH Muhammad Arsyad (Gang Fajar).

Salah seorang peziarah, KH Syamsunie dari Mudir Ponpes Al Falah Putera, kota Banjarbaru, mengatakan, selain tour wisata religi, kadatangannya bersama rombongan para ustadz / kyai dari Ponpes Al Falah Putera, Banjarbaru ke Kotabaru juga untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bumi Saijaan.

“Tadi malam kami sudah sempat mampir ke Siring Laut. Meihat kondisi alam di Kotabaru, kami menilai banyak potensi yang kelihatannya siap digali di sini, semoga Kotabaru terus maju,” ucapnya kemarin.

Beranjak dari pusat Kota, Syamsunie menuturkan rombongannya akan mengunjungi makam Syekh KH Muhammad Dahlan bin Ahmad Abbas tersohor dikenal Guru Cantung. Sebelumnya mereka juga sudah mengunjungi makam Syarif Ahmad Al Idrus di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia juga apresiasi kepada Pemkab Kotabaru dengan program-program kepariwisataannya yang telah membuat Kabupaten Kotabaru menjadi banyak destinasi wisata yang  dikunjungi.

“Seperti WK ini memang bagus dan cocok untuk bersantai. Selain itu banyak menu pilihan ikan laut yang bisa dipesan dan tempatnya semakin menarik bila malam hari karena akan terlihat indah dengan cahaya lampu-lampunya,” tuturnya.

Atas kujungan rombongan ini, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kotabaru, Khairian Ansyari, mengucapkan terimakasih karena telah memilih Kabupaten Kotabaru sebagai lokasi tujuan wisata.

“Kami sangat menyambut baik kedatangan rombongan tenaga pendidik Ponpes Al Falah Putera, Banjarbaru yang berkunjung ke Kabupaten Kotabaru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dijalankan dimasa pandemi saat ini,” ujarnya.

Mereka datang ke Kotabaru bukan hanya sekedar datang untuk berziarah saja, namun juga mengunjungi destinasi wisata disini sehingga meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Kotabaru. Ia berharap akan lebih banyak lagi wisatawan nantinya yang akan datang ke Kotabaru.

“Semoga kunjungan ini dapat menambah jalinan silaturahmi antara kita, dan tentunya dengan kedatangan tamu dari berbagai kabupaten di Kalsel, bisa memperkenalkan objek-objek wisata di Bumi Saijaan kedepannya melalui keindahan destinasi wisata unggulan yang ada,” tuntasnya. *