KOTABARU – KRI Ahmad Yani (AMY) 351 hari ini, Rabu (28/8) sandar di pelabuhan Pelindo III Stagen Kotabaru, Kalsel.

KRI AMY 351 merupakan kapal jenis kapal perang perang tipe perusak kawal rudal yang berada dibawah jajaran satuan kapal Eskorta Koarmada II, dikomandani oleh Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah.

“Kedatangannya ke Kotabaru selain melakukan patroli perbatasan Indonesia-Malaysia. KRI AMY juga baru selesai melaksanakan SAR KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembo, Jawa Timur,” kata Bagus

Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke 74 tahun 2019 Pangkalan TNI AL Kotabaru bersama KRI Ahmad Yani-351 laksanakan kegiatan sosial Donor Darah di geladak KRI Ahmad Yani-35.

Disamping itu kata Bagus Lanal Kotabaru sebagai pangkalan pendukung unsur KRI bersama KRI Ahmad Yani-351 melaksanakan kegiatan sosial Donor darah di atas geladak KRI Ahmad Yani 351 yang sandar dipelabuhan Pelindo III Kotabaru. Giat donor darah tersebut bekerjasama dengan tenaga medis dari Balai Kesehatan Lanal Kotabaru dan UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD Kotabaru.

Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan Lanal Kotabaru ini merupakan salah satu tugas TNI AL yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam mengaplikasikan Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) yaitu bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kotabaru, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah kepada orang yang membutuhkan.

Donor darah yang dilaksanakan di atas geladak KRI Ahmad Yani-351 merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan alutsista yang dimiliki oleh TNI khususnya TNI AL kepada seluruh elemen masyarakat Kotabaru.

Kegiatan ini dirangkai dengan mengadakan Open Ship hingga sore hari. (metro7/syn).