KOTABARU, metro7.co.id – Pasca lebaran Idul Fitri 2021, Bupati Kotabaru bersama forkopimda mengikuti rakornas penanganan Covid-19, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Operation room, Setda Kotabaru, secara virtual, Senin (17/5/2021).

Rakornas dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Jakarta serta diikuti oleh gubernur, bupati, dan wali kota, TNI-Polri se Indonesia secara daring.

Presiden Jokowi memberikan arahan dalam rakornas terkait persoalan Covid -19.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengingatkan bahwa wabah virus Covid-19 sampai saat ini masih melanda Indonesia.

Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak bersama-sama bersinergi hingga ketingkat bawah agar terus mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Memang saat ini kita jalan bersamaan antara penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat. Intinya protokol kesehatan itu sangat penting,” kata Sayed Jafar.

“Mari, kepada semua stakeholder dan lapisan masyarakat bersama- sama kita mentaati prokes dari pemerintah dengan 3 M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, agar kita semua terhindar dari paparan Covid-19,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo menyampaikan kepada kepala daerah yang berada di seluruh wilayah Indonesia agar berhati-hati dan waspada dengan Covid-19.

Apalagi sekarang, kata Jokowi, pasca libur lebaran jadi harus kompak dan bersinergi dalam penanganannya.

” Ya, kita semuanya harus kompak dan bersatu dalam menangani penyebaran Covid-19 ini jangan sampai ada varian baru seperti di negara lain,” kata Jokowi.

Jokowi berpesan, semuanya berhati-hati terutama daerah yang masih berstatus merah dan orange agar lebih meningkatkan protokol kesehatan dan mendirikan posko ditempat tempat berkerumunnya orang banyak seperti pasar dan tempat wisata. ***