KOTABARU, metro7.co.id – Pandemi tak menjadi penghalang PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, (ITP), untuk melakukan inovasi. Perusahaan semen ini menginisiasi kegiatan dengan menggelar pelatihan secara virtual manajemen keuangan dan pegungurusan izin berusaha untuk UMKM desa mitra Indocement.

CSRSD Manager PT ITP, Gadang Wardono mengatakan kegiatan pelatihan yang digelar ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement adalah SDP (Sustainable Development Program) atau program yang sifatnya berkelanjutan.

Antara lain dalam hal Koperasi dan UMKM dan di dalamnya perlu peningkatkan kapasitas SDM, khususnya dalam hal keuangan pada UMKM di Desa Mitra PT ITP di unit Citeureup, Cirebon dan Tarjun. Kegiatan digelar pada Kamis, 25 Maret 2021 melalui zoom meeting.

Menurut Gadang, Indocement menggelar pelatihan ini dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan bagi pelaku UMKM, program Monitoring dan Evaluasi untuk UMKM, manajemen laporan keuangan bagi UMKM.

Selain rekomendasi adanya pelatihan manajerial keuangan, ada juga rekomendasi untuk pelatihan khusus pembuatan NIB (Nomor Ijin Berusaha) Bagi UMKM yang didampingi Indocement oleh narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Bogor.

Mengusung tema, menuju UMKM yang dapat membuat laporan keuangan sederhana dan memiliki izin usaha sesuai ketentuan yang berlaku.

Pelatihan ini bertujuan agar peserta memperoleh ilmu pengetahuan mengenai laporan keuangan sederhana dan peserta mengetahui pentingnya mengurus perizinan usaha UMKM dan langkah-langkah pembuatan perizinan UMKM sesuai ketentuan yang berlaku yang dibawakan oleh narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM.

Peserta juga bisa memperoleh perizinan berusaha secara online untuk keberlangsungan usahanya. Peserta talkshow diikuti oleh 20 UMKM berlokasi di desa mitra Indocement yang didampingi oleh PT ITP Unit Citeureup, 15 UMKM yang berada di desa mitra disekitar PT ITP Unit Cirebon dan 15 UMKM yang didampingi PT ITP Unit Tarjun.

Narasumber kegiatan Kasi Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Samsu Panta, SIP dan karyawan volunteer dari bagian akunting Indocement, Sumarno, memaparkan materi manajemen keuangan dan laporannya secara praktis dan online.

Materi yang akan disajikan dalam workshop meliputi manajemen keuangan praktis dan sederhana disajikan dengan model diskusi secara online, serta penjelasan pentingnya dan manfaat mengurus perizinan untuk UMKM, teori dan praktek langkah-langkah pengurusan perizinan UMKM secara online. ***