Kandangan — Puluhan penggiat alam bebas yang tergabung dalam Klub Pecinta Alam (KPA) Meratus Hijau Kandangan, kembali menyisir beberapa Perumahan Nasional (Perumnas) yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (6/1) tadi.
Penyisiran yang dilakukan oleh para pecinta alam ini, adalah untuk melakukan menghijauan di wilayah-wilayah perumnas. Sehingga, pada tahun-tahun mendatang, perumnas akan memiliki banyak pohon peneduh. Tujuan dari penanaman pohon ini, adalah untuk menghijaukan Kota Kandangan.
Pohon-pohon yang ditanam oleh KPA ini, terdiri dari trambesi, cempedak, mahoni dan lainnya. Dimana, pohon-pohon yang ditanam tersebut, berjarak antara 3 hingga 2 meter. Setelah bibit pohon ditanam, pihak KPA menandainya dengan potongan bambu dengan tidak lupa memberi pupuk kandang.
Mahliannur Ketua KPA Meratus Hijau mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan anggotanya di lapangan adalah tindak lanjut dari program pemerintah daerah yang menginginkan anggota KPA Meratus Hijau melakukan penanaman. “Saat ini, hampir 75 persen perumnas yang ada di HSS sudah kita tanami pohon,” ungkapnya.
Wahyu, salah seorang penghuni Perumnas Griya Zasmin mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan oleh anggota KPA Meratus Hijau sangat menarik. Sebab, selama ini tidak ada penanaman pohon yang dilakukan hingga perumnas. Dengan adanya kerjasama pemerintah daerah dengan KPA ini, maka akan ada hutan kota lagi untuk berteduh. Sehingga masyarakat dan anak-anak akan betah tinggal di perumahan yang teduh dan nyaman. (Metro7/Fit)