KOTABARU, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024, berlangsung di kantor KPU Kotabaru, Rabu (31/1/24).

Dalam simulasi disekenariokan pelaksanan mulai dari pemungutan suara berjalan aman dan lancar sampai dengan adanya keributan di TPS yang dilakukan oleh warga yang tidak puas atas kebijakan yang diambil oleh KPPS

Lalu diperagakan bagaimana peran dari Linmas yang dibantu aparat keamanan dari personil Polri dan TNI mengatasi kejadian tersebut.

Ketua KPU Kotabaru, Andi Muhammad Saidi mengatakan kegiatan ini bagian dari pemantapan pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan suara, berjalan lancar.

“Simulasi yang dilaksanakan ini dalam rangka pemantapan tata cara (Standard Operating Procedure) pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan suara (TPS), oleh kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ,” kata Andi Saidi

Dengan tujuan kata dia mewujudkan efektivitas dan efisiensi proses penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara serta penulisan dokumen berita acara.

Kabagops, Polres Kotabaru, AKP Abdul Rauf yang turun memantau ke lokasi mengatakan peran anggota Polri dan TNI di TPS adalah dalam rangka pengamanan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS sampai dengan penandatanganan berita acara dan pengawalan kotak suara.

“Dalam hal terjadi keributan di TPS dan tidak dapat ditangani oleh Linmas maka atas persetujuan dari petugas KPPS Polri dan TNI dapat mengambil tindakan tegas dan terukur,” jelasnya.

“Simulasi ini menjadi sarana untuk memastikan bahwa setiap tahap pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman. Kesiapan dan koordinasi antar instansi sangat penting. Melalui simulasi ini, kami dapat memperbaiki strategi dan memastikan bahwa setiap aspek pengamanan terkendali,” pungkasnya. *