TANJUNG, metro7.co.id – Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap di Kecamatan Puga’an, Kabupaten Tabalong bakal mendapat bantuan peralatan untuk menangkap ikan.

Rencananya penyaluran bantuan tersebut akan dilaksanakan dalam waktu cepat.

Pengelola Produksi Perikanan Tangkap Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong, Dedy Rohnoni mengatakan bahwa bantuan peralatan tersebut sudah diusulkan dan akan disalurkan pada tahun ini.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa lukah bambu sebanyak 200 unit, tempirai 100 unit, jaring ikan/rengge 50 set dan perahu/jukung 25 unit. Sementara pagu anggaran yang disiapkan untuk pengadaan bantuan tersebut mencapai Rp170 juta.

“Bantuan peralatan tangkap ikan ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan hasil prodiksi KUB Perikanan Tangkap di Kabupaten Tabalong,” ujar Dedy, Rabu (18/9).

Selain di tahun ini terang Dedy, bantuan serupa juga telah diberikan sejak tahun 2018 lalu yang menyasar KUB perikanan tangkap di Kabupaten Tabalong.

“Bantuannya selalu berupa alat tangkap dan alat transportasi untuk menyusuri sungai dan menangkap ikan,” jelasnya.

Melalui bantuan alat tersebut lanjutnya, DKPPTPH Kabupaten Tabalong pun dapat mengukur jumlah produksi perikanan tangkap di Kabupaten Tabalong.

“Sehingga mampu menguatkan usaha yang dilakoni KUB Perikanan Tangkap dan meningkatkan ekonomi mereka,” tandasnya. ***