BARABAI, metro7.co.id – Bupati HST H A Chairansyah di dampingi Wakilnya Berry Nahdian Forqan, sambut kedatangan Bupati Barito Utara, Rabu (20/1).

Kedatangan tersebut dalam rangka penyerahan bantuan bencana banjir di HST, bertempat di Posko Induk Stadiun Murakata Mandingin.

Turut berhadir, Pj Sekda HST H Faried Fakhmansyah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala BPBD HST.

Puluhan relawan dari berbagai kelompok komunitas dari Kabupaten lain memberikan bantuan bagi korban banjir di HST.

Bantuan ini bentuk solidaritas atas bencana alam yang terjadi di kabupaten tetangga.

Selain itu, para relawan bantuan juga diberikan Pemkab dan provinsi lain, termasuk partisipasi masyarakat dan swasta di luar HST.

Jenis bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, pakaian layak pakai, perlengkapan bayi dan mandi,

Hari ini ada kunjungan Bupati Barito Utara dalam rangka penyerahan bantuan korban banjir di HST.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan, turut prihatin atas terjadinya musibah yang dialami Pemkab HST.

“Bantuan itu dari pribadi, masyarakat dan Pemkab Barito Utara untuk kami serahkan,” ujarnya.

Ia juga menuturkan pernah merasakan musibah seperti ini, mereka bergotong royong supaya beban yang dipikul oleh Pemkab HST menjadi lebih ringan.

“Semoga kejadian musibah ini cepat berlalu, kami pun berdoa kita semua dalam keadaan sehat wal afiat,” ungkapnya.

Acara dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah kepada Bupati HST H A Chairansyah didampingi Wakilnya Berry Nahdian Forqan, Pj Sekda HST dan Kepala BPBD.

Sementara itu, Bupati HST H A Chairansyah berterima kasih kepada Bupati Barito Utara secara pribadi rela berkunjung ke kab HST.

Mendengar ada bencana di HST, Bupati Barito Utara langsung memerintahkan personilnya untuk membantu di HST.

“Ucapan terima kasih kepada Bupati, masyarakat dan Pemkab Barito Utara. Dari 11 Kecamatan yang ada di HST, ada 9 Kecamatan yang terkena banjir, dan 3 Kecamatan terparah terkena banjir, kota barabai lumpuh total,” jelasnya.

Ia juga bersyukur ada bantuan dari Kabupaten lain, Provinsi hingga Pusat.

“Secara pribadi kami tak sanggup menanganinya sendiri, sekarang sudah mulai merecovery, karena ada bantuan pengangkutan sampah, suply air bersih, bantuan eksavator, juga dikirim dari Pemkab Barito Utara untuk penanganan jalan tertutup di wilayah Hantakan,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi pasca musibah banjir di Kecamatan Hantakan oleh Bupati Barito Utara di dampingi Wakil Bupati HST bersama rombongan. *