PARINGIN – Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016 resmi dibuka Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (8/3) kemarin.
Bertempat di halaman PAUD Rumah Pintar PKK Kecamatan Paringin, namapak berhadir dalam acara tersebut Bupati Balangan H.Ansharuddin beserta istri, Sekda kab Balangan Ruskariadi, Kapolres Balangan Sudrajat Hariwibowo dan Ketua DPRD Balangan Abdul Hadi dan Direktur RS Balangan Sudirman.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, Humam Arifin mengungkapkan, tujuan pelaksanaan PIN Polio yang berlangsung sampai tanggal 15 Maret 2016 tersebut, untuk dapat menghilangkan atau mengeradikasi polio di dunia pada tahun 2020.
“Acara yang kita laksanakan selama sepekan ini merupakan upaya menghilangkan atau mengeradikasi Polio di indonesia dan dunia ditahun 2020,” ungkapnya.
Dibalangan sendiri lanjut Humam, memiliki jumlah sasaran balita yang diimunisasi
“Sasaran balita di Kabupaten Balangan yang ikut PIN Polio 2016 sekitar 13.338 orang,” jelas Humam.
Sementara itu, di kesempatan yang sama Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya mengungkapkan, program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan, utamanya dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.
“Imunisasai dinilai penting, karena imunisasi merupakan sebuah program yang paling efektif untuk mengendalikan penyakit,” ujar Anshar.
Mengingat pentingnya keberhasilan PIN Polio ini bagi kesehatan anak-anak generasi penerus lanjut Anshar, ia mengimbau agar semua pihak dapat melakukan upaya dan memberikan dukungan bagi kesuksesan program ini.
Terakhir Ansharuddin menjelaskan kembali bahwa dengan imunisasi Polio dapat menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas yang bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio, dari itu Anshar menyerukan agar semua anak Balita dibawa ke pos PIN untuk mendapatkan Vaksin Polio.
“Saya serukan agar semua anak balita di Balangan, dibawa ke pos PIN yang terdekat untuk memperoleh tetesan vaksin polio,” pungkasnya.
Dalam kesempatan itu pula pemerintah daerah memberikan peralatan Sound sistem kepada PAUD Rumah Pintar PKK Kecamatan Paringin, penyerahan perlatan tersebut langsung. Diserahkan oleh Bupati Balangan H.Ansharuddin beserta istri Hj. Nursidah. (metro7/wnd)