BARABAI, metro7.co.id – Guna melanjutkan estafet kepemimpinan berikutnya dan merancang program yang lebih masif serta berkelanjutan.

Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) ke-2, di Panti Asuhan Muhammadiyah Barabai, Minggu (15/9).

Ketua PD IPM HST, Muhammad Thoriq Alghifari mengatakan, Musyda kali ini bertajuk ‘Pisiti Ganggaman Gasan Sangu Menuju IPM Bumi Murakata yang Berdampak dan Berdaya’.

“Tema itu menjadi salah satu tujuan akhir yang ingin kami capai sebagai wujud dari kepedulian PD IPM HST terhadap kondisi pelajar masa kini, baik di lingkup HST maupun di Kalsel,” jelasnya.

Selain itu, jelasnya, juga memiliki makna, bahwa ke depannya IPM di HST yang kebanyakannya kuliah di luar HST dapat mengamalkan semua pengalaman yang telah mereka dapatkan selama ber IPM.

“Dua tahun lalu, saya diamanahkan untuk menghidupkan IPM di HST, jujur saya menyadari memang tak mudah dalam menghidupkan kembali IPM di HST. Banyak lika-liku yang tak mudah, tentu dari awal Konfida hingga sekarang, teman-teman telah berusaha membangun IPM di sini,” bebernya.

“Maka dari itu, tema yang kami ambil ini bertujuan untuk menguatkan fondasi keilmuan dalam berikatan. Juga agar menjadikan IPM HST yang berdampak dan berdaya di luar sana nantinya,” tambah Thoriq.

Senada, perwakilan Pengurus Wilayah (PW) IPM Kalsel, Rusmawardi menyampaikan, pentingnya menjalankan dan menghidupkan regenerasi yang berkelanjutan.

“Musyda merupakan gerbang transisinya jabatan dalam mencari regenerasi perjuangan IPM selanjutnya, terkhusus di HST,” katanya.

Menurutnya, membangun regenerasi yang baik memang tidak mudah, hal ini merupakan suatu prestasi yang mesti dibanggakan dari IPM HST dalam menjaga regenerasinya.

“Terlebih masa kini spirit berkemajuan yang terus dikembangkan oleh Muhammadiyah terhadap isu-isu baru kita hadapi, maka dari itu perlu adanya pembekalan agar kita bisa menghadapinya,” tuturnya.

Sementara, Ketua PD Muhammadiyah HST, Muhammad DN mengungkapkan rasa bangga dengan IPM HST, sebab senantiasa menjadi pembantu pelaksaan tugas dari PD Muhammadiyah HST.

“Kami sangat bangga dengan digelarnya Musyda kali ini. Kami juga turut merasakan manfaat dari hadirnya atau bangkitnya IPM di HST, mulai dari masa banjir kemarin hingga sekarang. Tentu kami selaku orang tua tidak bisa bergerak dengan leluasa tanpa bantuan dari ortom yang bergerak di bawah Muhammadiyah Remaja, karena itu peran IPM sangat dirasakan sekali dan sangat kami hargai dan support,” tutupnya.