Sudah hampir 3 bulan, Hamlan (41) tidak berangkat ke ladang. Telapak tangan dan betisnya bengkak-bengkak. Sekitar 6 bulan yang lalu Hamlan divonis TBC oleh dokter, kemudian ia diberikan beberapa jenis obat dari rumah sakit. Menurutnya, bengkak-bengkak yang muncul di tubuhnya muncul setelah ia mulai mengonsumsi obat-obatan tersebut.
Lain lagi dengan Wardi (43). Di punggung dan tangannya terdapat benjolan. Benjolan itu seperti tulang yang mengeras, dan terasa sakit jika ditekan. Sudah 10 tahun Wardi mengalaminya, tapi ia belum pernah sekalipun memeriksakannya ke dokter. Masalah biaya, ujarnya. Meski sakit, Wardi tetap memaksakan diri pergi ladang setiap hari.
Hamlan dan Wardi adalah warga Desa Gunung Riut, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Lokasi desa yang jauh dari kota kecamatan membuat warganya kesulitan mendapatkan pelayanan medis. Jarak desa ke puskesmas terdekat adalah sekitar 10 KM.
Berangkat dari keadaan tersebut, pada Rabu (27/11) CSR PT Adaro Indonesia dan PT SIS bekerjasama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Balangan, mengadakan acara Pengobatan dan Sunatan Massal Gratis di Desa Gunung Riut. Acara tersebut juga merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-49.
Sebanyak 200 warga hadir pada acara tersebut. Hamlan dan Wardi adalah dua di antaranya. Mereka tampak antusias menyambut tenaga-tenaga medis beserta obat-obatan yang dibawa ke kampung mereka. Dua ruang kelas madrasah ibtidaiyah disulap menjadi bilik pengobatan.
Selain orang dewasa, tampak pula puluhan anak laki-laki yang mengantri untuk disunat. Bupati Balangan, Sefek Effendie, melalui pidatonya yang dibacakan oleh Camat Halong, menekankan pentingnya dilakukan sunat untuk anak laki-laki. Menurutnya, perintah yang diturunkan pertama kali pada Nabi Ibrahim ini memiliki banyak keuntungan dari segi medis.
Uniknya, acara tersebut bertepatan dengan hari mogok nasional dokter se-Indonesia. Minto, ketua IDI Balangan, dalam sambutannya mengatakan, IDI Balangan tetap melaksanakan acara pengobatan gratis tersebut karena merasa memiliki tanggung jawab kepada masyarakat Desa Gunung Riut. Di akhir sambutannya, Minto meminta doa dan dukungan kepada rekan sejawatnya yang sedang tersandung kasus pidana. (Media Relation Adaro)