AMUNTAI, metro7.co.id – Ratusan masyarakat Hulu Sungai Utara menerima daging kurban dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Hulu Sungai Utara (HSU) pada Idul Adha tahun ini.

Setidaknya untuk Idul Adha tahun ini LDII HSU berkurban delapan ekor sapi dan tiga kambing.

Ketua DPD LDII Kabupaten Hulu Sungai Utara Lukman Irianto mengatakan latar belakang ketakwaan menjadi dasar kesalehan individu untuk melaksanakan kurban.

“Dari ketakwaan itu mendorong warga kami menabung. Mereka meskipun kekurangan tidak berharap daging untuk keperluan pribadi, terbukti dengan keuletan dan kesabaran kita semua Alhamdulillah di tahun ini bisa berkurban delapan ekor sapi dan empat kambing. Dengan qurban kita bisa berbagi dengan tetangga atau siapapun,” papar Lukman.

Dari berbagi itulah semua orang diharapkan semua bisa berbahagia pada Idul Adha. “Tidak benar, ibadah kurban hanya untuk yang kaya saja. Mereka yang tidak mampu atas dasar takwa, bisa juga berkurban. Semua ini untuk ibadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia,” katanya.

Kesalehan sosial ini pada akhirnya, membangun rasa kebersamaan. Umat Islam tidak lagi memandang ormas, apalagi suku dan budaya. “Ukhuwah basariyah menjadi semakin kuat, dan ini menjadi modal sosial umat Islam dalam membangun bangsa dan negara,” imbuhnya.

Menariknya usai melaksanakan pemotongan kurban, warga LDII HSU juga melakukan makan bersama dengan masyarakat dan dihadiri undangan dari ormas termasuk Wakapolres HSU. ***