BARABAI – Banjir yang melanda di kabupaten Hulu Sungai Tengah pada akhir Desember 2014 yang lalu menyebabkan 1489,18 hektar sawah petani di kabupaten HST terendam banjir dan 213,58 hektar diantaranya mengalami puso.
Guna meningkatkan kembali semangat petani dalam mengolah lahan pertanian sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga, Pemerintah Kabupaten HST memberikan bantuan bibit padi secara gratis kepada para petani yang lahanpersawahannya mengalami puso, bantuan bibit tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati HST H Harun Nurasid di desa Masiraan Kecamatan  Pandawan, Jumat (17/1).
Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Holtikultura kabupaten HST, H Kemat mengungkapkan pemerintah kabupaten HST sudah menyiapkan bantuan bibit benih untuk 35 desa yang sawahnya terendam banjir.
“Untuk satu hektar sawah kita berikan 25 kilogram bibit benih, dengan adanya 213,58 hektar sawah yang mengalami puso, maka total bantuan bibit benih yang diberikan berjumlah 5 ton 350 kilogram bibit benih. Dan untuk desa Masiraan luas lahan yang terkena banjir sebanyak 25 hektar dengan sawah yang puso sebanyak 14,05 hektar, sehingga desa Masiraan mendapat bantuan Benih sebanyak 350 kg” Tuturnya.
Bupati HST H Harun Nurasid mengatakan bahwa pemberian bantuan bibit padi yang diserahkan tersebut adalah salah satu wujud usaha pemkab HST untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.
“Kesejahteraan masyarakat petani terus menjadi fokus utama pembangunan Pemkab HST. Dengan bantuan bibit padi ini kami berharap sawah yang mengalami puso tetap dapat melanjutkan produksi padinya, sehingga hasil padi kita tetap terus meningkat, dan kami akan mengupayakan supaya di desa Masiraan ini juga dapat dibangun sistem irigasi secepatnya sehingga dapat tanam dua kali,”tukasnya. (AdvHumHST)